Keunikan Pulau Diomede Besar dan Kecil, Berjarak 3,8 Km tapi Waktunya Berbeda 21 Jam

Senin, 03 Oktober 2022 - 20:12 WIB
loading...
Keunikan Pulau Diomede Besar dan Kecil, Berjarak 3,8 Km tapi Waktunya Berbeda 21 Jam
Pulau Diomede Besar dan Pulau Diomede Kecil bertetangga dekat, jaraknya hanya sekitar 3,8 km, namun memiliki perbedaan waktu sekitar 21 jam. Foto/Medium
A A A
JUNEAU - Pulau Diomede Besar dan Pulau Diomede Kecil mempunyai keunikan tersendiri yang mungkin tak dimiliki pulau lain di seluruh dunia. Kedua pulau ini bertetangga dekat, jaraknya hanya sekitar 3,8 km, namun memiliki perbedaan waktu sekitar 21 jam.

Kedua pulau tersebut terletak di Selat Bering yang memisahkan Asia dan Amerika Utara memiliki keunikan karena bertentangan dengan hukum zona waktu. Secara geografis, Pulau Diomede Besar terletak di ujung timur Rusia dan Pulau Diomede Kecil terletak di wilayah Amerika Serikat.

Meskipun jarak kedua pulau ini hanya 3,8 kilometer, tetapi ada perbedaan waktu 21 jam. Dikutip dari laman arabiaweather, keanehan ini karena kedua pulau dipisahkan International Date Line (IDL), garis imajiner yang melintasi Samudera Pasifik untuk menyesuaikan waktu di dunia.

Baca juga; 5 Pulau Paling Berbahaya di Dunia, Nomor 3 Dipercaya Dihuni Hantu

Waktu di Pulau Diomede Besar lebih cepat 21 jam sehingga dijuluki Pulau Kemarin. Berbeda dengan waktu di Pulau Diomede Kecil yang dijuluki Pulau Masa Depan. Di musim dingin, jembatan es terbentuk di antara kedua pulau, sehingga secara teknis memungkinkan untuk berjalan di antara mereka.
Keunikan Pulau Diomede Besar dan Kecil, Berjarak 3,8 Km tapi Waktunya Berbeda 21 Jam


Di musim panas, seseorang bisa berkayak atau berlayar di antara kedua pulau. Sayangnya, pergi dari satu pulau ke pulau lain adalah tindakan ilegal.

Menurut laman medium, kedua pulau itu pertama kali ditemukan oleh penjelajah Denmark Vitus Bering (yang namanya disematkan pada Selat Bering) pada 16 Agustus 1728. Saat itu, tepat pada Hari St Diomede, hari yang dirayakan oleh Gereja Ortodoks Rusia untuk St Diomede.

Baca juga; 7 Pesawat yang Hilang di Segitiga Bermuda, Terjadi Antara Bulan November hingga Januari

Pada tahun 1987, perenang Amerika Lynne Cox berenang dari Pulau Diomede Kecil ke Pulau Diomede Besar. Dia mulai melobi pemerintah uni Soviet pada tahun 1976 untuk berenang melintasi perbatasan, dan persetujuan datang hanya 24 jam sebelum renang dijadwalkan berlangsung ketika Presiden Mikhail Gorbachev memberikan izin.

Lynne Cox berenang selama dua jam dan lima menit di air yang dingin bersuhu 3 derajat Celcius. Dia melakukan itu untuk isyarat perdamaian antara kedua negara (Uni Soviet dan Amerika Serikat) selama Perang Dingin.
Keunikan Pulau Diomede Besar dan Kecil, Berjarak 3,8 Km tapi Waktunya Berbeda 21 Jam


Penduduk Pulau Diomede Kecil mendapatkan surat setiap minggu yang dibawa helikopter, meskipun pesawat ski kadang-kadang mendarat di sana selama musim dingin di landasan pacu es. Mayoritas pasokan makanan tiba dengan tongkang setahun sekali. Sedangkan Pulau Diomede Besar adalah situs pangkalan militer Rusia dalam Perang Dunia II, dan penduduk di sana sudah dipindahkan ke daratan Rusia.
(wib)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1861 seconds (11.97#12.26)