5 Zat Asam Terkuat di Dunia, Nomor 3 Digunakan dalam Bahan Bakar Roket

Rabu, 21 September 2022 - 20:54 WIB
loading...
5 Zat Asam Terkuat di Dunia, Nomor 3 Digunakan dalam Bahan Bakar Roket
Zat asam adalah senyawa kimia yang menerima elektron dan/atau menyumbangkan (memisahkan) ion hidrogen, yang juga dikenal sebagai proton. Foto/Rankred
A A A
JAKARTA - Zat asam adalah senyawa kimia yang menerima elektron dan/atau menyumbangkan (memisahkan) ion hidrogen, yang juga dikenal sebagai proton. Tingkat keasaman suatu zat asam bergantung pada kemampuannya untuk memisahkan ion hidrogen.

Semakin tinggi jumlah ion hidrogen yang dihasilkan oleh asam dalam larutan, maka semakin asam zat itu. Berikut 5 zat asam yang terkuat di dunia dirangkum SINDOnews dari laman rankred, Rabu (21/9/2022).

1. Asam Fluoroantimonat
5 Zat Asam Terkuat di Dunia, Nomor 3 Digunakan dalam Bahan Bakar Roket


Asam fluoroantimonate, secara teknis, adalah asam dengan komponen tunggal terkuat dari semua asam super yang diketahui berdasarkan nilai fungsi keasaman Hammett. Zat asam ini diproduksi dengan mencampur hidrogen fluorida dengan pentafluorida antimon, umumnya dalam rasio 2:1. Reaksi ini bersifat eksotermis.

Baca juga; Kemakan Hoax Kandungan Zat Setan, Warga Bolovia Ogah Divaksin

Asam super ini memiliki beberapa aplikasi penting dalam teknik kimia dan industri petrokimia. Misalnya, dapat digunakan untuk memisahkan metana dan H2 dari neopentana dan isobutana (keduanya alkana).

Tidak mengherankan, asam fluoroantimonate sangat korosif dan dapat mengalami hidrolisis hebat, bila bersentuhan dengan air. Seperti kebanyakan superasam, asam Fluoroantimonat, harus disimpan dalam wadah PTFE (polytetrafluoroethylene).

2. Asam Karboran Terfluorinasi
5 Zat Asam Terkuat di Dunia, Nomor 3 Digunakan dalam Bahan Bakar Roket


Asam karboran yang ditemukan pada tahun 2007 adalah salah satu kelompok superasam terkuat yang dikenal manusia. Salah satu anggota kelompok ini adalah asam Fluorinated Carborane.

Fluorinated Carborane adalah satu-satunya asam yang diketahui dapat memprotonasi (transfer ion hidrogen) karbon dioksida untuk menghasilkan kation yang dijembatani Hidrogen. Sebaliknya, CO2 tidak mengalami protonasi yang luar biasa ketika diperlakukan dengan superasam lain.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1420 seconds (10.177#12.26)