Bukti-bukti Beruang Bukan Karnivora Berhasil Dikumpulkan

Selasa, 04 Oktober 2022 - 09:08 WIB
Bukti-bukti Beruang Bukan Karnivora Berhasil Dikumpulkan
Ilmuwan kumpulkan bukti beruang bukan karnivora. FOTO/ IST
MOSCOW - Banyak yang mengira bahwa beruang adalah hewan karnivora atau pemakan daging. Namun sebuah penelitian terbaru di Scientific Reports mematahkan hal tersebut dan mengungkap bahwa mereka merupakan hewan omnivora atau pemakan segala.

Studi menyebut beruang hanya membutuhkan lebih sedikit protein daripada yang selama ini dikira. Dengan memberi mereka makan daging secara terus menerus justru akan membunuh mereka secara perlahan.

"Beruang bukan karnivora seperti kucing yang mengonsumsi makanan berprotein tinggi," kata penulis utama Charles Robbins, profesor biologi satwa liar di Washington State University, dikutip dari Science Daily, Selasa (4/10/2022).

"Di kebun binatang selama ini, l baik itu beruang kutub, beruang coklat, atau beruang sloth, selalu memberinya makan daging berprotein tinggi. Ketika Anda melakukannya, Anda membunuh mereka secara perlahan," lanjutnya.

Dalam percobaan terpisah, para peneliti mempresentasikan panda raksasa dan beruang sloth di kebun binatang AS yang berbeda dengan makanan tak terbatas dari berbagai jenis untuk melihat preferensi mereka dan kemudian mencatat profil nutrisi pilihan mereka.

Bekerja sama dengan peneliti dari Texas A&M University dan Memphis Zoo, uji coba makan pertama dilakukan dengan sepasang panda raksasa lalu menemukan bahwa mereka lebih menyukai batang bambu yang kaya karbohidrat yang ditemukan di batang kayu, daripada daun yang lebih kaya protein.

Mereka mengkonsumsi batang hampir secara eksklusif, misalnya 98% dari waktu di bulan Maret. Para peneliti juga menganalisis data dari lima kebun binatang China yang memiliki panda raksasa yang telah berhasil direproduksi dan menemukan kembali, diet tinggi karbohidrat dan rendah protein.

Sementara enam beruang sloth di kebun binatang Cleveland, Little Rock dan San Diego, disajikan dengan alpukat, ubi panggang, whey, dan apel tanpa batas. Mereka memilih alpukat kaya lemak hampir secara eksklusif, makan sekitar 88% alpukat hingga 12% ubi jalar.

Hal ini menunjukkan beruang sloth lebih menyukai makanan tinggi lemak dan rendah karbohidrat, yang mungkin memiliki susunan yang mirip dengan makanan liar mereka, seperti rayap dan semut serta telur dan larva.