3 Kota di Arab Saudi yang Hijau, Nomor Terakhir Banyak Memiliki Taman dan Danau Buatan

Rabu, 05 Oktober 2022 - 13:32 WIB
loading...
3 Kota di Arab Saudi yang Hijau, Nomor Terakhir Banyak Memiliki Taman dan Danau Buatan
Sejumlah kota di Arab Saudi yang dulunya berupa gurun pasir, saat ini telah berubah menjadi lebih hijau dihiasi sejumlah pepohonan. Foto/Arabnews
A A A
RIYADH - Sejumlah kota di Arab Saudi yang dulunya berupa gurun pasir, saat ini telah berubah menjadi lebih hijau dihiasi sejumlah pepohonan. Pemerintah di beberapa kota Arab Saudi gencar melakukan program penghijauan agar menjadi lebih nyaman dan indah.

Program penghijauan juga seiring dengan program Kerajaan Arab Saudi melakukan operasi penyemaian awan. Dikutip dari laman Arabnews, operasi ini merupakan teknik modifikasi cuaca sebagai upaya meningkatkan curah hujan tahunan di beberapa kota di Arab Saudi.

Berikut 3 kota di Arab Saudi yang sukses menjalankan program penghijauan yang dirangkum SINDOnews dari sejumlah sumber, seperti Middleeastmonitor, Visitsaudi, dan The Saudi.

1. Riyadh
3 Kota di Arab Saudi yang Hijau, Nomor Terakhir Banyak Memiliki Taman dan Danau Buatan


Riyadh, ibu kota Arab Saudi sudah berubah menjadi hijau setelah proyek penghijauan yang dikenal dengan Green Riyadh dimulai. Melalui proyek Green Riyadh, salah satu inisiatif penghijauan kota terbesar di dunia, dengan cepat mengubah wajah jalan utama di ibu kota, termasuk Jalan Raja Khalid, Makkah, dan Raja Salman, menjadi hijau.

Baca juga; 8 Mega Proyek Masa Depan Arab Saudi, Semuanya Fantastis

Penghijauan dilakukan dengan penanaman spesies pohon asli setempat tersebut termasuk Ziziphus spina-christi, Acacia gerrardii dan Prosopis cineraria, umumnya dikenal sebagai pohon ghaf. Pohon-pohon tersebut dapat bertahan hidup dalam kondisi gurun yang keras dan akan tumbuh tanpa perawatan yang intensif.

Green Riyadh akan meningkatkan jumlah penghijauan dengan penanaman 7,5 juta pohon di sekitar fitur dan fasilitas utama kota. Penghijauan mampu mengurangi suhu lingkungan rata-rata sebesar 2 derajat Celcius dan meningkatkan kualitas udara. Kondisi ini mendorong orang untuk mengikuti gaya hidup yang lebih sehat dengan berjalan kaki atau bersepeda.

2. Burraidah (Qassim)
3 Kota di Arab Saudi yang Hijau, Nomor Terakhir Banyak Memiliki Taman dan Danau Buatan


Qassim adalah salah satu dari 13 provinsi di kerajaan Arab Saudi, yang mendapat julukan Keranjang Makanan karena gandum dan kurma berlimpah di sana. Di ibu kota Qassim, Buraydah (Burraidah) yang dihuni oleh sekitar 60 persen dari total penduduk wilayah provinsi tersebut, menawarkan berbagai kurma sepanjang tahun.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1818 seconds (11.252#12.26)