Orca Terbukti Memangsa Hiu Putih Besar, Punya Manuver Khusus Incar Organ Jantung

Jum'at, 07 Oktober 2022 - 21:56 WIB
loading...
Orca Terbukti Memangsa Hiu Putih Besar, Punya Manuver Khusus Incar Organ Jantung
Untuk pertama kali, ilmuwan menemukan bukti bahwa paus pembunuh (Orcinus orca) atau Orca memakan hiu putih besar melalui rekaman drone. Foto/Marine Dynamics/Dyer Island Conservation Trust/Cnet
A A A
JOHANNESBURG - Untuk pertama kali, ilmuwan menemukan bukti bahwa paus pembunuh (Orcinus orca) atau Orca memakan hiu putih besar melalui rekaman drone. Aksi pembunuhan itu terekam pada bulan Mei di Teluk Mossel, Afrika Selatan, dan beberapa rekaman sebelumnya telah dirilis melalui Discovery Channel.

Rekaman itu dirilis di YouTube sebagai bagian dari studi baru, dipimpin oleh Alison Towner, yang diterbitkan pada 3 Oktober di jurnal Ecology. Towner juga memimpin penelitian sebelumnya menggunakan data pelacakan dan sensor untuk menunjukkan penampakan hiu putih besar telah merosot saat paus pembunuh bergerak masuk.

Para peneliti berhipotesis, dari bukti yang ditemukan pada bangkai hiu putih besar, bahwa paus pembunuh sedang berburu hiu putih besar. Dampaknya dan hiu putih besar yang masih hidup, benar-benar ketakutan dan menjauh dari daerah itu.

Baca juga; Sadisnya Pembunuhan Berantai Paus Orca Terhadap Hiu Putih, Mengincar Hati dan Jatung

“Perilaku ini belum pernah disaksikan secara detail sebelumnya, dan tentu saja tidak pernah dari udara,” kata Towner, yang bekerja sebagai ilmuwan senior hiu di Marine Dynamics Academy di Gansbaai, Afrika Selatan dikutip SINDOnews dari laman cnet, Jumat (7/10/2022).

Rekaman udara baru, yang ditangkap oleh operator drone pribadi, tampaknya mengkonfirmasi hal ini dan merupakan bukti langsung pertama orca membunuh dan memakan hiu putih besar. Ini menguatkan dugaan bahwa duo paus pembunuh Port and Starboard sebagai pemangsa hiu putih besar yang bangkainya ditemukan di pinggir pantai.

Sementara Port dan Starboard diketahui berburu dan memangsa hiu putih besar, penelitian baru menunjukkan beberapa paus pembunuh lainnya juga ikut berburu. Meskipun masih terlalu dini untuk mengatakan apakah paus pembunuh ini mempelajari teknik berburu hiu dari nenek moyang mereka, ini akan berdampak pada populasi hiu.

Baca juga; Ajaib, Paus Bungkuk Tetap Hidup Setelah 4 Jam Diserang Gerombolan Paus Pembunuh

Foto-foto dan video menunjukkan beberapa manuver yang menarik dari paus pembunuh untuk mengincar jantung atau hati hiu putih besar. Sebab, organ ini menyediakan semua makanan yang dibutuhkan oleh paus pembunuh jantan dewasa.
Orca Terbukti Memangsa Hiu Putih Besar, Punya Manuver Khusus Incar Organ Jantung


Rekaman itu menunjukkan beberapa serangan diarahkan tepat di belakang sirip dada, untuk mengambil organ hati atau jantung. Tim juga mempelajari foto-foto yang menunjukkan Starboard (ikan paus yang mudah dikenali dari sirip punggungnya yang floppy) sedang memakan seekor paus.

Menariknya, penelitian Towner sebelumnya juga menunjukkan bahwa hiu paus perunggu, hiu besar lain yang sering mengunjungi pantai Afrika Selatan, mulai bergerak saat hiu putih besar melarikan diri. Hiu putih besar kadang-kadang memakan hiu paus perunggu, tetapi dia tidak begitu takut pada orca.

Jadi hiu paus perunggu merasa cukup aman untuk melakukan perjalanan ke Gansbaai dan memakan populasi anjing laut. Namun, operator tur dari wilayah tersebut telah melihat paus pembunuh menyerang pemburu hiu paus perunggu juga.
(wib)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2576 seconds (10.101#12.26)