Boston Dynamics Sepakat Cegah Robot Jadi Mesin Pembantai Manusia

Minggu, 09 Oktober 2022 - 06:00 WIB
loading...
Boston Dynamics Sepakat Cegah Robot Jadi Mesin Pembantai Manusia
Robot-robot buatan Boston Dynamics cs kerap digunakan untuk bertempur. Foto/Dailymail.
A A A
JAKARTA - Beberapa perusahaan pembuat robot di dunia termasuk Boston Dynamics berjanji tidak akan melengkapi produk mereka dengan senjata mesin. Setidaknya ada enam perusahaan pembuat robot yang berjanji tidak akan mengubah robot mereka jadi mesin penghancur seperti halnya karakter rekaan Robocop.

Beberapa perusahaan pembuat robot di dunia termasuk Boston Dynamics berjanji tidak akan melengkapi produk mereka dengan senjata mesin. Setidaknya ada enam perusahaan pembuat robot yang berjanji tidak akan mengubah robot mereka jadi mesin penghancur seperti halnya karakter rekaan Robocop

Pernyataan itu diharapkan bisa diikuti oleh perusahaan pembuat robot lainnya. Janji itu diyakini jadi upaya terakhir agar keberadaan robot-robot tidak akan mengganggu keberadaan dan keselamatan manusia.

Dikutip Daily Mail, pernyataan itu merupakan respons atas beredarnya video yang memperlihatkan sebuah robot anjing yang dilengkapi dengan senapan mesin. Dalam video itu robot anjing itu melakukan beberapa gerakan taktis termasuk menembakkan senapan mesin ke target yang telah ditetapkan.

Beredarnya video itu justru menimbulkan rasa khawatir ke depannya robot-robot yang dibuat oleh Boston Dynamics cs justru akan dijadikan robot yang bisa membantai manusia dengan senapan.



Boston Dynamics Sepakat Cegah Robot Jadi Mesin Pembantai Manusia


"Kamni berjanji tidak akan mempersenjatai robot atau perangkat lunak yang kami miliki. Kami tidak akan mendukung pihak lain yang memang sengaja melakukannya," tulis pernyataan resmi Boston Dynamics dan lima perusahaan lainnya.

Diketahui kelima perusahaan lainnya adalah Agility Robotics, ANYbotics, Clearpath Robotics, Open Robotics and Unitree Robotics. Dalam video yang beredar belakangan ini, robot yang dipersenjatai merupakan robot buatan Unitree Robotics.

Keberadaan robot-robot pintar yang dijadikan senjata mematikan memang sudah lama diprediksi banyak orang. Beberapa film yang telah tayang belakangan bahkan menggambarkan kondisi tersebut lewat beberapa film seperti Black Mirror episode Metalhead dan Angel Has Fallen.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1711 seconds (0.1#10.140)