3 Ular Viper Paling Mematikan di Dunia, Nomor 2 dan 3 Sebabkan Gagal Ginjal Akut

Senin, 10 Oktober 2022 - 14:57 WIB
loading...
A A A
Dilansir dari livescience.com, Sekitar 58.000 kematian di India yang dikaitkan dengan gigitan ular setiap tahun, Russell ( Daboia russelii ) bertanggung jawab atas sebagian besar kematian ini menurut penelitian yang diterbitkan 25 Maret 2021, dalam jurnal PLOS Neglected Tropical Diseases(terbuka di tab baru).

Ular viper ini memiliki ciri tubuh berwarna coklat gelap keabu-abuan dengan pola lingkaran coklat tua. Panjang dari Russell ini dapat mencapai 120 hingga 160 cm.

Racun ular dapat menyebabkan gejala seperti gagal ginjal akut, pendarahan hebat dan kerusakan multi-organ, para peneliti melaporkan dalam Handbook of Clinical Neurology pada tahun 2014.

Baca juga : Gagal dengan Viper, Suami Membunuh Istri Pakai Ular Kobra

3. Viper Sisik Gergaji

Ciri khas dari ular ini adalah suara gesekan sisiknya ketika merasa terancam. Bila digigit oleh ular ini seseorang akan mengalami pembengkakan dan rasa sakit yang terlokalisir di daerah tersebut, diikuti dengan potensi perdarahan.

Hal ini karena racun viper sisik gergaji akan mengganggu kemampuan untuk membekukan darah dan dapat menyebabkan pendarahan internal hingga pada akhirnya akan mengalami gagal ginjal akut.

Ular yang berasal dari India ini memiliki ukuran yang tergolong kecil yaitu sekitar 38 sampai 80 cm. Tubuhnya memiliki warna dasar coklat pucat dengan corak coklat tua.
(bim)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2630 seconds (0.1#10.140)