Mosaik Langka Bergambar Hercules, Neptunus, dan Perang Troya Ditemukan di Suriah

Senin, 17 Oktober 2022 - 20:52 WIB
loading...
Mosaik Langka Bergambar Hercules, Neptunus, dan Perang Troya Ditemukan di Suriah
Mosaik langka dan menakjubkan ditemukan para arkeolog di Suriah yang sedang dilanda peperangan. Mosaik dari era Romawi abad keempat Masehi ini menampilkan penggambaran Perang Troya, Hercules, dan Neptunus bersama 40 selirnya. Foto/OverSixty
A A A
DAMASKUS - Mosaik langka dan menakjubkan ditemukan para arkeolog di Suriah yang sedang dilanda peperangan. Mosaik dari era Romawi dari abad keempat Masehi ini menampilkan penggambaran Perang Troya, Hercules, dan Neptunus bersama 40 selirnya.

Mosaik berukuran 20 meter kali 6 meter ditemukan di Rastan, sebuah kota di Suriah tengah dekat Homs, medan pertempuran utama selama Perang Suriah. Mosaik ini menampilkan peristiwa-peristiwa dari Perang Troya, otot pahatan dewa Romawi Hercules, dan dewa Romawi kuno yang kuat Neptunus bersama 40 selirnya.

Direktorat Jenderal Barang Antik dan Museum Pemerintah Suriah mengatakan bahwa mosaik itu terpelihara dengan baik. Mosaik dibuat dari batu berwarna-warni berukuran 0,5 inci kali 0,5 inci di sebuah bangunan yang dkuasai oleh pemberontak dan direbut pasukan pemerintah Suriah. Reruntuhan kuno di bawah bangunan masih menjalani penggalian.



“Kami tidak dapat mengidentifikasi jenis bangunan, apakah itu pemandian umum atau yang lainnya, karena kami belum selesai menggali," kata Humam Saad, Direktur Asosiasi Penggalian dan Penelitian Arkeologi dikutip SINDOnews dari laman Live Science, Senin (17/10/2022).

Mosaik itu adalah penemuan langka yang bernilai tinggi akan detail, bahkan merupakan penemuan arkeologi paling penting di Suriah sejak perang saudara dimulai pada 2011. Mural tersebut berasal dari abad keempat Masehi, setelah Kekaisaran Romawi Barat berpisah dari Kekaisaran Romawi Timur (juga dikenal sebagai Kekaisaran Bizantium).

Pengusaha dari Museum Nabu Lebanon awalnya membeli bangunan itu, dan kemudian menyumbangkannya ke pemerintah Suriah. Mosaik tersebut mencakup penggambaran Perang Troya, perang legendaris yang terjadi antara Yunani dan Troya di Troy kuno (Turki modern), seperti yang dijelaskan dalam puisi epik "The Iliad" dan "The Odyssey," oleh Homer.


Mosaik Langka Bergambar Hercules, Neptunus, dan Perang Troya Ditemukan di Suriah


Ada juga mural Hercules (dikenal sebagai Heracles ke Yunani) membunuh Hippolyta, ratu prajurit Amazon, setelah dia pergi untuk mengambil ikat pinggangnya. Banyak artefak Suriah telah dihancurkan dan dijarah selama konflik 11 tahun terakhir.

Selama penggaliannya, nasib mosaik bernilai tinggi ini menghadapi masa depan yang tidak pasti “Sayangnya, ada kelompok bersenjata yang mencoba menjual mosaik pada 2017 dan mendaftarkannya di platform media sosial,” kata Saad.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3155 seconds (0.1#10.140)