Penemuan Sandal Wanita Berusia 1.500 Tahun, Ada Pesan Manis dalam Bahasa Yunani

Selasa, 18 Oktober 2022 - 11:25 WIB
loading...
Penemuan Sandal Wanita Berusia 1.500 Tahun, Ada Pesan Manis dalam Bahasa Yunani
Sepasang sandal wanita berusia 1.500 tahun dengan pesan manis dalam bahasa Yunani ditemukan selama penggalian di Istanbul, Turki. Foto/Daily Sabah
A A A
ISTANBUL - Sepasang sandal wanita berusia 1.500 tahun dengan pesan manis dalam bahasa Yunani ditemukan selama penggalian di Istanbul, Turki . Penemuan ini menjadi salah satu daya tarik utama museum arkeologi kota Istanbul.

Sandal tersebut memiliki pesan dalam bahasa Yunani yang berbunyi, “Gunakan dalam kesehatan, nyonya, kenakan dalam keindahan dan kebahagiaan.” Temuan menakjubkan itu ditemukan selama penggalian yang didorong oleh proyek Marmaray, terowongan kereta api bawah laut yang menghubungkan sisi Asia dan Eropa Istanbul di bawah Bosporus.

“Penggalian, yang dimulai pada tahun 2004, telah mengungkapkan aspek sejarah baru Konstantinopel, ibu kota Kekaisaran Bizantium. Sekitar 60.000 artefak yang digali selama rentang waktu sekitar sembilan tahun disimpan di Museum Arkeologi Istanbul sampai sebuah museum khusus dibangun,” tulis surat kabar Turki Daily Sabah dikutip SINDOnews, Selasa (18/10/2022).



Kekaisaran Bizantium adalah kelanjutan dari Kekaisaran Romawi di provinsi timurnya selama Zaman Kuno Akhir dan Abad Pertengahan. Itu selamat dari fragmentasi dan jatuhnya Kekaisaran Romawi Barat pada abad ke-5 M dan terus ada selama seribu tahun lagi sampai jatuh ke Kekaisaran Ottoman pada tahun 1453.

Para ilmuwan mengatakan bahwa sandal yang ditemukan berusia lebih dari 1.500 tahun dan itu milik seorang wanita. Bizantium menyukai warna dan pola, dan mereka membuat dan mengekspor kain bermotif yang sangat kaya, terutama sutra Bizantium, yang ditenun dan disulam untuk kelas atas dan diwarnai, lalu dicetak untuk kelas bawah.
Penemuan Sandal Wanita Berusia 1.500 Tahun, Ada Pesan Manis dalam Bahasa Yunani


Kesopanan penting bagi semua, dan kebanyakan wanita tampaknya hampir seluruhnya tertutup oleh pakaian yang agak tidak berbentuk. Ada sejumlah besar alas kaki yang ditemukan dalam proyek penggalian ini, dengan sandal, sandal dan sepatu bot hingga pertengahan betis yang biasa terlihat dalam ilustrasi manuskrip juga ditemukan dalam penggalian.



Banyak item yang didekorasi dengan kaya dalam berbagai cara. Warna merah, dicadangkan untuk penggunaan Imperial di alas kaki pria, sebenarnya adalah warna yang paling umum untuk sepatu wanita. Dompet jarang terlihat, dan sepertinya terbuat dari tekstil yang cocok dengan gaunnya, atau mungkin dimasukkan ke dalam selempang.

Penggalian Istanbul Ungkap Permata Kekaisaran Bizantium
Penggalian telah menemukan jejak pertama peradaban dari periode yang berbeda, termasuk kerangka orang Istanbul pertama. Jejak kaki 8.500 tahun di Pelabuhan Eleutherios (Theodosius), sebuah pelabuhan yang dikenal dalam literatur dunia tetapi tanpa jejak yang ditemukan sebelumnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4045 seconds (0.1#10.140)