Penemuan Sandal Wanita Berusia 1.500 Tahun, Ada Pesan Manis dalam Bahasa Yunani

Selasa, 18 Oktober 2022 - 11:25 WIB
loading...
A A A
Termasuk koleksi kapal karam abad pertengahan terbesar di dunia, serta 60.000 tulang hewan dari 57 spesies beserta fosil tumbuhan. Pelabuhan Eleutherios, yang merupakan salah satu pelabuhan Konstantinopel kuno, terletak di bawah lingkungan Yenikapi modern di Istanbul.



Itu dibangun di muara Sungai Lycus, yang mengalir melalui kota ke Propontis. Pelabuhan ini dibangun pada akhir abad ke-4, pada masa pemerintahan Theodosius I, dan merupakan titik perdagangan utama kota pada Zaman Kuno Akhir. Itu terus digunakan sampai abad ke-11.
Penemuan Sandal Wanita Berusia 1.500 Tahun, Ada Pesan Manis dalam Bahasa Yunani


Lumpur dari Lycus akhirnya memenuhi pelabuhan sepenuhnya dan daerah itu kemudian diubah untuk penggunaan pertanian karena efek erosi dan pengendapan di hulu. Pada zaman Ottoman, daerah itu sepenuhnya dibangun. Pada November 2005, para pekerja di proyek Marmaray menemukan sisa-sisa pelabuhan yang tertimbun lumpur. Penggalian menghasilkan bukti Portus Theodosiacus abad ke-4.

Di sana, para arkeolog menemukan jejak tembok kota Konstantinus Agung, dan sisa-sisa lebih dari 35 kapal Bizantium dari abad ke-7 hingga ke-10, termasuk beberapa galai Bizantium, yang sisa-sisanya belum pernah ditemukan sebelumnya.

Selain itu, penggalian telah menemukan bukti tertua pemukiman di Konstantinopel, dengan artefak, termasuk amphorae, pecahan tembikar, kerang, potongan tulang, tengkorak kuda, dan sembilan tengkorak manusia yang ditemukan di dalam tas, berasal dari 6000 SM.
(wib)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1578 seconds (0.1#10.140)