Penjelasan Teori Relativitas dalam Al-Qur'an, Bukti Kebenaran Islam

Jum'at, 28 Oktober 2022 - 21:13 WIB
Penjelasan Teori Relativitas dalam Al-Quran, Bukti Kebenaran Islam
Teori Relativitas, penemuan dari Albert Einstein ini rupanya terdapat dalam ayat suci Al Quran. Foto DOK ist
JAKARTA - Teori Relativita s, penemuan dari Albert Einstein ini rupanya terdapat dalam ayat suci Al-Qur'an . Hal ini menjadi bukti salah satu kebesaran kitab suci umat Islam tersebut.

Dikutip dari space.com, Relativitas umum adalah pemahaman fisikawan Albert Einstein tentang bagaimana gravitasi mempengaruhi struktur ruang-waktu.

Baca juga : Dokumen Teori Relativitas Albert Einstein Terjual Seharga Rp176 Miliar

Teori yang diterbitkan Einstein pada tahun 1916, memperluas teori relativitas khusus yang telah ia terbitkan 10 tahun sebelumnya. Relativitas khusus berpendapat bahwa ruang dan waktu saling terkait erat, tetapi teori itu tidak mengakui keberadaan gravitasi .

Rupanya teori relativitas ini telah ada di dalam Al-Qur'an dan terdapat beberapa kaitan antara teori tersebut dengan beberapa ayat.

Melansir dari laman muslimvibe.com, Einstein datang dengan versi terakhir dari teori relativitasnya yang terkenal pada tahun 1916, sebuah perkembangan yang mengubah wajah fisika teoretis dan astronomi selamanya. Teori tersebut menggantikan mekanika Newton berusia dua abad.

Teori yang berkaitan dengan partikel elementer dan interaksinya, yang menjelaskan Hukum Gravitasi pada tingkat kosmologis, serta konsep seperti pelebaran waktu kinematik dan gravitasi .

Jauh sebelum Einstein menyempurnakan teori tersebut, Al-Qur'an telah banyak membahas hal tersebut yang artinya sebagai berikut :

"Dia mengatur segala urusan dari langit ke bumi, kemudian (urusan) itu naik kepada-Nya dalam satu hari yang kadarnya (lamanya) adalah seribu tahun menurut perhitunganmu" (QS As-Sajdah : 5).

Baca juga : Bak Harta Karun, Coretan Tangan Albert Einstein soal Teori Relativitas Dihargai Selangit