Menguak Misteri Gaia BH1, Lubang Hitam Terdekat dari Bumi

Senin, 07 November 2022 - 07:04 WIB
loading...
Menguak Misteri Gaia BH1, Lubang Hitam Terdekat dari Bumi
Gaia BH1 adalah lubang hitam bermassa bintang dengan jarak hanya 1.600 tahun cahaya. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Nama Gaia BH1 tiba-tiba ramai dibincangkan. Sebab, inilah lubang hitam paling dekat jaraknya dari bumi. Sudah banyak lubang hitam ditemukan yang dekat dengan tata surya kita. Tapi, Gaia BH1 disebut yang paling dekat saat ini. Jaraknya hanya 1.600 tahun cahaya saja.

Para astronom menemukan Gaia BH1 menggunakan Observatorium (Teleskop) Gemini Internasional di Hawai'i yang dioperasikan oleh NOIRLab NSF.

Penemuan baru ini dimungkinkan dengan melakukan pengamatan sangat detail terhadap gerakan pendamping lubang hitam. Yakni, bintang mirip Matahari yang mengorbit lubang hitam pada jarak yang kira-kira sama dengan Bumi mengorbit Matahari.

“Bayangkan Tata Surya kita, letakkan lubang hitam di mana Matahari berada, dan Matahari di mana Bumi berada, dan Anda mendapatkan sistem ini," jelas Kareem El-Badry, astrofisikawan di Center for Astrophysics, Harvard & Smithsonian, sekaligus penulis utama makalah penemuan ini.

“Meski ada banyak klaim deteksi sistem seperti ini, hampir semua penemuan ini kemudian dibantah. Ini adalah deteksi pertama yang jelas dari bintang mirip Matahari dalam orbit lebar di sekitar lubang hitam bermassa bintang di Galaksi kita," ungkapnya.

Menguak Misteri Gaia BH1, Lubang Hitam Terdekat dari Bumi

Tim awalnya mengidentifikasi sistem yang berpotensi menampung lubang hitam dengan menganalisis data dari pesawat ruang angkasa Gaia Badan Antariksa Eropa.

Gaia menangkap ketidakteraturan menit dalam gerakan bintang yang disebabkan oleh gravitasi objek masif yang tak terlihat.

Untuk mengeksplorasi sistem secara lebih rinci, El-Badry dan timnya beralih ke instrumen Gemini Multi-Object Spectrograph di Gemini Utara, yang mengukur kecepatan bintang pendamping saat mengorbit lubang hitam dan memberikan pengukuran yang tepat dari periode orbitnya.

Misteri Gaia GH1
Menguak Misteri Gaia BH1, Lubang Hitam Terdekat dari Bumi

Gaia GH1 merupakan hasil deteksi pertama yang sangat jelas dari lubang hitam bermassa bintang yang tidak aktif di Bima Sakti. Jaraknya yang dekat dengan Bumi, hanya berjarak 1.600 tahun cahaya, menawarkan target studi yang menarik untuk pemahaman ilmuwan tentang evolusi sistem biner.

Lubang hitam adalah objek paling ekstrim di alam semesta. Lubang Hitam Supermasif (Supermassive Black Hole) biasanya ada di pusat semua galaksi besar.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1022 seconds (0.1#10.140)