Istimewa, Gerhana Bulan Total Bisa Dilihat Hampir di Semua Wilayah Indonesia

Selasa, 08 November 2022 - 10:49 WIB
loading...
Istimewa, Gerhana Bulan Total Bisa Dilihat Hampir di Semua Wilayah Indonesia
Gerhana bulan total yang terjadi pada 8 November 2022 akan jadi salah satu fenomena astronomi yang menarik dan juga bisa dinikmati langsung di seluruh wilayah Indonesia. Foto/IST. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Jangan sampai terlewat fenomena gerhana bulan total yang terjadi malam ini. Pasalnya hampir seluruh wilayah Indonesia bisa menikmati langsung.

Andi Pangerang, Peneliti Pusat Riset Antariksa Organisasi Riset Penerbangan dan Antariksa BRIN, di situs resmi embaga Penerbangan dan Antariksa Nasional ( LAPAN ) menyebutkan seluruh proses terjadinya gerhana bulan bisa dinikmati di hampir seluruh wilayah Indonesia.

Beberapa proses gerhana awal penumbra, awal sebagian, awal total, puncak gerhana, akhir total, akhir sebagian, dan akhir penumbra bisa dinikmati di seluruh Indonesia. Jadi gerhana bulan total yang terjadi malam ini benar-benar istimewa buat masyarakat Indonesia.

Baca juga : Kesempatan Terakhir Tonton Gerhana Bulan Total Malam Ini, Jika Terlewat Tunggu hingga 2025

Istimewa, Gerhana Bulan Total Bisa Dilihat Hampir di Semua Wilayah Indonesia


"Gerhana bulan total kali ini terjadi pada 8 November 2022 dengan durasi total selama 1 jam 24 menit 58 detik dan durasi umbral (sebagian + total) selama 3 jam 39 menit 50 detik. Lebar gerhana bulan total kali ini sebesar 1,3589 dengan jarak pusat umbra ke pusat Bulan sebesar 0,2570. Gerhana ini termasuk ke dalam gerhana ke-20 dari 72 gerhana dalam Seri Saros 136 (1680-2960)," tulis Andi Pangerang.

Jadi kesempatan masyarakat untuk menikmati fenomena alam yang ajaib itu sangat terbuka lebar. Apalagi hampir semua wilayah di Indonesia bisa menikmati keajaiban alam tersebut.

Lalu, di wilayah Indonesia mana saja kamu dapat melihat fenomena gerhana bulan total 8 November 2022? Untuk bisa menyaksikan gerhana bulan sejak penumbra awal, hanya wilayah Papua, Papua Barat, Halmahera, Seram Tengah, Seram Timur, Kepulauan Kai, Tanimbar, dan Aru, yang dapat melihatnya.

Sementara itu, masyarakat Ternate, Tidore, Kepulauan Bacan, Sula, Seram Barat, Ambon, Maluku Barat Daya, Sulawesi, Bali, NTB, NTT, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, sebagian Kalimantan Tengah, sebagian Kalimantan Barat, Sumenep, Situbondo, dan Banyuwangi dapat menyaksikan gerhana bulan ini sejak kontak awal sampai akhir penumbra.

Baca juga : Memburu Cinta dengan Mengandalkan Algoritma
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2860 seconds (11.210#12.26)