Ini Jawaban Mengapa Musisi Jazz Jago Improvisasi dari Pemain Musik Metal

Minggu, 20 November 2022 - 08:00 WIB
loading...
Ini Jawaban Mengapa Musisi Jazz Jago Improvisasi dari Pemain Musik Metal
Perdebatan kemampuan musisi musik jazz dengan musik metal hingga kini masih terus berlangsung sengit. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Daripada musik metal lebih baik musik jazz . Setidaknya lirik lagu yang pernah dipopularkan grup musik Seurieus itu bisa mendekati kenyataan berdasarkan penelitian yang dilakukan Martin Norgaard dari School of Music, Georgia State University, Amerika serikat.

Dalam penelitian itu Martin Norgaard penasaran mengapa musisi Jazz selalu sangat mudah berimprovisasi saat tampil di atas panggung. Para musisi itu sama sekali tidak kesulitan ketika lagu jazz yang mereka mainkan justru berbeda dengan lagu yang telah mereka buat sebelumnya.

Martin Norgaard mengatakan saat ini ada dua teori yang menjawab pertanyaan itu. Pertama, musisi jazz memang belajar menguasai aturan yang memberi tahu mereka apa yang bisa dan tidak bisa mereka mainkan. Pembelajaran itu semacam "bahasa rahasia jazz" yang memang harus dikuasai oleh mereka.

Kedua, setiap musisi membangun perpustakaan pola melodi pribadi yang dapat mereka gunakan dan gabungkan kembali dengan cara baru dan menarik. Jadi mereka terlihat berimprovisasi meski pada kenyataannya mereka telah lebih dulu mempersiapkannya dengan matang dan baik.



Ini Jawaban Mengapa Musisi Jazz Jago Improvisasi dari Pemain Musik Metal


Hanya saja dua teori itu justru terkesan kurang pas. Menurut Martin Norgaard kombinasi nada tertentu berulang berkali-kali bukti musisi jazz memiliki perpustakaan nada yang sangat besar.

Setiap musisi memiliki kumpulan pola yang secara langsung didasarkan pada tubuh dan otak mereka sendiri. Banyak pakar jazz menyebutnya sebagai "kosakata" pribadi mereka. Menariknya lagi studi yang dilakukan Martin Norgaard menyebutkan kosakata improvisasi setiap musisi jazz berbeda satu sama lain.

“Sangat menarik bahwa musisi jazz ahli menyimpan representasi audio dan motorik yang terhubung di otak. Baik nada maupun informasi tentang cara memainkannya. Sebagai pemain biola jazz sendiri, saya sering mendengar lick yang ingin saya mainkan sambil berimprovisasi tetapi representasi motornya tidak lengkap sehingga lick tidak keluar dengan benar. Berdasarkan penelitian kami, hal itu seharusnya tidak terjadi seiring berkembangnya keahlian,” jelas Martin Norgaard.



Dalam penelitian itu Martin Norgaard menggunakan komputer super guna mengungkap kosakata pribadi musisi jazz. Dalam perhitungan komputer musisi jazz berimprovisasi saat kosakata pribadi menemukan momen yang tepat.

Saat itulah improvisasi kosakata membangkitkan kejutan. Bahkan ketidakpastian yang dimainkan oleh musizi jazz memberikan efek lebih besar pada pendengar.

Temuan itu disebutkan dalam laporan Martin Norgaard sangat cocok dengan teori terkemuka dalam psikologi dan ilmu saraf tentang kreativitas manusia dan apa yang membuat jenis musik tertentu sangat menyenangkan untuk didengarkan. Secara khusus, melodi dalam kosakata pribadi improvisasi jazz memiliki keunggulan kreativitas.

“Fakta bahwa solo para ahli jazz membangkitkan ekspektasi yang kuat pada pendengar dan secara bersamaan mengejutkan mereka. Itulah yang membuat melodi ini begitu menarik dan berkesan. Ini pada akhirnya dapat membantu kita memahami mengapa beberapa musisi menjadi terkenal sementara yang lain tidak, ”kata penulis senior Niels Chr. Hansen, Asisten Profesor di Aarhus Institute of Advanced Studies di Aarhus University, Denmark.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1747 seconds (0.1#10.140)