Spesifikasi Al Rihla, Bola Piala Dunia 2022 Produksi Indonesia yang Dibekali Teknologi Canggih

Rabu, 23 November 2022 - 15:00 WIB
loading...
Spesifikasi Al Rihla, Bola Piala Dunia 2022 Produksi Indonesia yang Dibekali Teknologi Canggih
Al Rihla merupakan bola resmi yang digunakan di Piala Dunia 2022 Qatar. Foto DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Al Rihla merupakan bola resmi yang digunakan di Piala Dunia 2022 Qatar. Dalam pembuatannya, terdapat sejumlah fakta menarik yang dimiliki bola ini.

Salah satu di antaranya adalah pembuatan Al Rihla yang disebut dari Indonesia, tepatnya di Madiun , Jawa Timur. Dikutip dari laman Kementerian Luar Negeri RI, Adidas mempercayakan pembuatan bola Piala Dunia 2022 ini kepada Global Way Indonesia untuk memproduksinya.

Baca juga : Al Rihla, Bola Resmi Piala Dunia 2022 yang Pertama Dibuat dengan Tinta dan Lem Berbahan Dasar Air

Dalam perkembangannya, perusahaan tersebut diketahui telah mengekspor produk bolanya ke negara-negara seperti Jerman, Inggris, Uni Emirat Arab, Brasil, Amerika Serikat, dan lainnya.

Pada penggunaannya di Piala Dunia 2022, bola Al Rihla ini menjadi kolaborasi berkelanjutan antara FIFA dan Adidas. Tercatat, ini adalah bola ke-14 secara berturut-turut yang dibuat mereka untuk gelaran World Cup.

Dikutip dari laman FIFA, Al Rihla berasal dari bahasa Arab yang berarti ‘Perjalanan’. Dalam desain yang dibawakan, bola ini terinspirasi oleh budaya, arsitektur, serta perahu Dhow tradisional, serta bendera Qatar.

Pada pembuatannya, Al Rihla memiliki sejumlah fitur teknologi yang tersemat di dalamnya. Sebut saja seperti CRT-Core dan Speedshell. Adapun kedua teknologi tersebut membuat bola bisa bergerak dengan cepat, akurat, dan stabil.

Baca juga : Peneliti Yakin Bola Piala Dunia Qatar Buatan Indonesia Terbaik dari Sisi Aerodinamika

Pada CRT-Core, mereka menghadirkan teknologi sensor terbaru yang nantinya bisa membantu meningkatkan akurasi dan kecepatan bola secara konsisten. Sementara Speedshell membantu rotasi bola untuk aerodinamika yang optimal.

Lebih lanjut, Al Rihla merupakan bola Piala Dunia pertama yang dibuat secara eksklusif dengan dengan tinta dan lem berbahan dasar air. Selain itu, bola ini juga sudah disesuaikan dengan standar FIFA dan telah diuji dengan sesuai prosedur yang tertera dalam aturan.

Dikutip dari laman Theemric, bola Piala Dunia 2022 ini disebut sebagai yang terbaik dengan penggunaan teknologi canggih dalam sejarahnya. Dengan diameter sekitar 80cm, Al Rihla terbuat dari 70 persen polyurethane, 20 persen recycled polyester, dan 10 persen viscose cover.

Pada situs resminya (Adidas), Al Rihla juga mendapat rating 4,8/5 yang membuktikan bahwa cukup banyak orang yang menyukainya. Terakhir, untuk harganya sendiri menurut laman resminya dibanderol dengan USD165.
(bim)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1295 seconds (10.55#12.26)