Bak Punya Roket di Kaki, Ini Penjelasan Ilmiah Gol Sundulan En-Nesyri yang Pulangkan Portugal

Minggu, 11 Desember 2022 - 07:00 WIB
loading...
Bak Punya Roket di Kaki, Ini Penjelasan Ilmiah Gol Sundulan En-Nesyri yang Pulangkan Portugal
Pesepakbola Maroko Youssey En-Nesyri (nomor punggung 19) mencetak gol tunggal yang memulangkan Portugal dari Piala Dunia 2022 Qatar. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Pesepakbola Maroko Youssef En-Nesyri mencetak gol sundulan yang fantastis di babak perempat final Piala Dunia 2022 Qatar saat melawan Portugal, Sabtu (11/12/2022) tadi malam. Apa yang membuatnya bisa melompat begitu tinggi?

Gol yang dicetak oleh Youssef En-Nesyri memang sangat istimewa. Bahkan dalam siaran pertandingan tersebut, pesepakbola Portugal Cristiano Ronaldo yang duduk di bangku cadangan sempat terlihat geleng-geleng kepala melihat proses gol tersebut.

Dalam proses gol itu Youssef En-Nesyri melompat sangat tinggi menyambut umpan lambung Yahia Attiyat Allah. Situs Goal menyebutkan bahwa gol yang dilakukan Youssef En-Nessyri sangat mirip dengan gol-gol sundulan yang dilakukan Cristiano Ronaldo di masa-masa dia berjaya.

"Goal Youssef En-Nesyri merupakan copy dari goal sundulan dari Ronaldo. Sebuah lompatan menjulang tinggi yang membuat semua orang di sekitarnya tampak seperti terjebak dalam pasir apung," sebut Goal.

Diketahui Cristiano Ronaldo pernah tercatat melakukan gol sundulan dengan lompatan yang sangat fantastis yakni 2,89 meter. Sundulan itu terjadi saat melawan Manchester United pada babak 16 besar Liga Champions musim 2012/2013. Dia juga tercatat berkali-kali melakukan gol sundulan dengan lompatan yang sangat tinggi.

FIFA saat ini memang belum merilis resmi berapa tinggi Youssef En-Nesyri melompat saat mencetak gol tunggal di pertandingan melawan Portugal. Hanya saja dari berbagai video yang beredar tidak bisa diragukan bahwa pesepakbola kelahiran 1 Juni 1997 itu melompat sangat tinggi.



Bak Punya Roket di Kaki, Ini Penjelasan Ilmiah Gol Sundulan En-Nesyri yang Pulangkan Portugal


Lalu bagaimana pandangan ilmiah tentang kemampuan Youssef En-Nesyri dan Cristiano Ronaldo yang bisa melompat sangat tinggi. Rhett Allain, profesor fisika di Universitas Louisiana Tenggara, Amerika Serikat dalam tulisan "Pandangan Ilmiah mengenai Lompatan Vertikal di Cabang Olahraga", yang ditulis di WIRED menyebutkan melompat adalah suatu upaya fisik yang kompleks.

Dari sudut pandang fisika melompat seperti yang dilakukan Cristiano Ronaldo dan Youssef En-Nesyri sangat kompleks dan itu bahkan tidak disadari para atlet. "Melompat merupakan tindakan yang menggabungkan energi, inersia, massa, dan momentum, dengan faktor fisiologis dan biomekanik," tulisnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5438 seconds (0.1#10.140)