Pemancing Bertarung Selama 25 Menit Tangkap Ikan Mas Raksasa

Kamis, 24 November 2022 - 22:46 WIB
loading...
Pemancing Bertarung Selama 25 Menit Tangkap Ikan Mas Raksasa
Seorang pemancing asal Inggris bertarung selama 25 menit untuk menangkap ikan mas raksasa seberat 67 pon atau sekitar 30 kg lebih. Foto/Bluewater Lakes/Live Science
A A A
PARIS - Seorang pemancing asal Inggris bertarung selama 25 menit untuk menangkap ikan mas raksasa seberat 67 pon atau sekitar 30 kg lebih. Ikan mas raksasa yang dijuluki The Carrot ditangkap di salah satu danau di Prancis.

Ikan mas ini salah satu yang terbesar yang pernah ditangkap di Bluewater Lakes di provinsi Champagne timur laut Prancis. Setelah menangkap The Carrot, sang pemancing Andy Hackett melepaskan ikan itu kembali ke danau agar pemancing lain memiliki kesempatan untuk menangkapnya.

“Ini ikan yang banyak dicari, tidak banyak orang yang menangkapnya, cukup sulit ditangkap. The Carrot berwarna jingga cerah, Anda tidak akan melewatkannya,” kata Hackett kepada BBC dikutip SINDOnews dari laman Live Science, Kamis (24/11/2022).



Ikan mas ini merupakan hibrida antara ikan mas kulit dan koi, dilepaskan ke danau 20 tahun yang lalu, setelah itu ukurannya membengkak. Menjadi salah satu yang terbesar dari jenisnya yang pernah ditangkap.

Jika dipelihara di akuarium rumahan, ikan mas (Carassius auratus) dan ikan mas yang lebih kecil cenderung tumbuh tidak lebih dari 5 sentimeter. Namun saat dilepaskan ke alam liar, ikan yang sangat kecil itu bisa tumbuh menjadi raksasa.

Pada tahun 2013, satu ikan mas super besar yang ditangkap di Danau Tahoe berukuran panjang hampir 46 cm dan beratnya lebih dari 4 pon atau 2 kg. Ikan mas akan kuat di alam liar, terbukti mampu hidup 25 tahun dan bertahan hingga lima bulan tanpa oksigen.

Ini karena ikan berevolusi untuk hidup di kolam yang membeku di musim dingin, yang rendah oksigen, tubuh mereka beralih dari respirasi aerobik menjadi mengubah karbohidrat menjadi alkohol, yang dilepaskan melalui insang. Ketika ciri-ciri ini digabungkan dengan tingkat reproduksi yang cepat, ikan mas dengan cepat dapat mendominasi habitat baru dengan mengorbankan spesies asli.



Kegigihan ikan mas telah menimbulkan masalah di danau di mana banyak ikan, yang sering dibuang oleh orang yang pernah memeliharanya, dilepaskan sekaligus. Pada tahun 2021, pejabat di kota Burnsville di Minnesota mengeluarkan pernyataan resmi yang memohon kepada penduduk untuk tidak melepaskan ikan mas ke perairan Danau Keller di kota itu.

Ikan yang tadinya sangat kecil itu mulai tumbuh menjadi ukuran yang sangat besar, dan mendatangkan malapetaka pada jaringan ekologis danau yang rapuh. “Tolong jangan lepaskan ikan mas kesayanganmu ke kolam dan danau!” pejabat kota mengatakan dalam sebuah pernyataan di Twitter.

Menurut laporan Washington Post, pengelola saluran air di dekat Carver County di Minnesota memindahkan sekitar 50.000 ikan mas dari perairan setempat pada November 2020. "Mereka tumbuh lebih besar dari yang Anda pikirkan dan berkontribusi pada kualitas air yang buruk dengan mengotori sedimen dasar dan mencabut tanaman,” kata pejabat kota Minnesota.

Masalah serupa juga muncul di provinsi Alberta, Kanada dan kota Spokane, Washington. Pemerintah setempat telah menjanjikan USD150.000 untuk membebaskan danau lokal dari invasi ikan mas.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1047 seconds (0.1#10.140)