Udang Kecebong Triops Makhluk Hidup Tertua, Bertahan 250 Juta Tahun dengan Berevolusi

Selasa, 13 Desember 2022 - 18:39 WIB
"Saya tidak berpikir ada bukti bahwa satu spesies pun telah ada selama lebih dari beberapa juta tahun," kata Africa Gomez, seorang ahli biologi evolusi di University of Hull dan penulis senior studi udang kecebong Triops 2013, kepada Live Science.

Studi yang dimuat majalah American Scientist mencatatan fosil menunjukkan bahwa spesies biasanya bertahan antara 500.000 tahun dan 3 juta tahun sebelum mereka mati karena kepunahan. Terlebih lagi, faktor lingkungan dapat memengaruhi berapa lama hewan bertahan hidup.

“Predator berevolusi, mangsa berevolusi, pesaing berevolusi, dan pesaing lain berevolusi. Jika tidak bisa bermigrasi ke tempat lain dengan habitat yang sama, dia akan punah," kata Scott Lidgard, kurator emeritus fosil invertebrata di Field Museum di Chicago, kepada Live Science.

Karena perubahan itu konstan, Gomez tidak menganggap hewan apa pun sebagai fosil hidup karena istilah tersebut memberi kesan bahwa hewan berhenti berevolusi. Sebaliknya, Lidgard berpendapat bahwa "fosil hidup" dapat digunakan sebagai istilah umum untuk mempelajari organisme dengan atribut tertentu, seperti laju perubahan evolusioner yang lambat.