Udang Kecebong Triops Makhluk Hidup Tertua, Bertahan 250 Juta Tahun dengan Berevolusi

Selasa, 13 Desember 2022 - 18:39 WIB
Meskipun bentuk mereka terlihat sama, penelitian DNA yang diterbitkan sejak 2010 mengungkapkan bahwa udang kecebong Triops tidak pernah berhenti berevolusi. Foto/Aquariumnexus
WASHINGTON - Triops cancriformis atau udang kecebong Triops dianugerahi gelar makhluk hidup tertua oleh Rekor Dunia Guinness pada November 2010. Fosil menunjukkan bahwa krustasea seperti udang lapis baja ini sudah ada sejak periode Trias 251,9 juta hingga 201,3 juta tahun lalu.

Udang kecebong Triops memiliki tubuh seperti sekop, yang sangat cocok untuk menggali di dasar kolam yang mereka huni. Desainnya bekerja dengan sangat baik sehingga mereka bertahan selama ratusan juta tahun.

Meskipun bentuk mereka terlihat sama, penelitian DNA yang diterbitkan sejak 2010 mengungkapkan bahwa udang kecebong Triops tidak pernah berhenti berevolusi. Mereka menciptakan perbedaan antar spesies sepanjang waktu.

Ada juga beberapa spesies yang hidup hari ini, tidak berubah selama jutaan tahun. Mungkin yang paling terkenal adalah sekelompok ikan laut dalam yang disebut coelacanth yang disebut "fosil hidup".

Para peneliti pertama kali menemukan fosil coelacanth pada tahun 1800-an dan mengira mereka telah punah pada akhir periode Cretaceous 66 juta tahun yang lalu. Namun, pada tahun 1938, para nelayan menangkap coelacanth hidup di lepas pantai Afrika Selatan. Ikan purba ini berusia lebih dari 400 juta tahun, tetapi masih ada yang hidup dan ditangkap nelayan.

Ternyata spesies coelacanth yang berenang di lautan saat ini tidak sama dengan spesies coelacanth yang menjadi fosil, yang benar-benar telah punah. Sebuah studi tahun 2010 yang diterbitkan dalam jurnal Marine Biology menunjukkan bahwa spesies hidup ini muncul dalam 20 juta hingga 30 juta tahun terakhir.

Hal yang sama juga berlaku untuk garis keturunan kepiting tapal kuda kuno, yang membentang sekitar 480 juta tahun lalu. Sebuah studi tahun 2012 yang diterbitkan dalam jurnal Molecular Phylogenetics and Evolution menemukan bahwa kelompok tertua kepiting tapal kuda Asia yang disebut Tachypleus baru muncul sekitar 25 juta tahun yang lalu.

Ahli biologi belum selesai menguraikan sejarah evolusi semua hewan hidup dan tidak akan ada jawaban pasti untuk misteri ini. Namun, udang kecebong, coelacanth, dan kepiting tapal kuda semuanya memberi tahu kita bahwa organisme yang tampaknya paling stabil pun selalu berubah.