Ini 7 Hewan yang Pernah ke Luar Angkasa Sepanjang Sejarah

Jum'at, 16 Desember 2022 - 13:38 WIB
Ini 7 Hewan yang Pernah ke Luar Angkasa Sepanjang Sejarah
Sejarah mencatat bahwa terdapat sejumlah hewan yang pernah ke luar angkasa. Foto DOK ist
JAKARTA - Sejarah mencatat bahwa terdapat sejumlah hewan yang pernah ke luar angkasa . Biasanya hewan-hewan ini menjadi objek penelitian para ilmuwan .

Dalam riwayatnya, tak hanya manusia saja yang bisa pergi ke luar angkasa. Akan tetapi, makhluk lain seperti hewan pun juga pernah diterbangkan ke sana.

Baca juga : Bisnis Melancong ke Luar Angkasa

Dilansir dari laman Discover Wildlife, Jumat (16/12/2022), berikut sejumlah hewan yang pernah ke luar angkasa.

1. Lalat

Sebuah lalat buah dikatakan sebagai hewan pertama di luar angkasa. Diluncurkan pada tahun 1947, saat itu ilmuwan Amerika diketahui tengah melakukan uji dampak radiasi kosmik.

Dalam hal ini, mereka memilih lalat karena secara genetik mirip dengan manusia. Pada keberlanjutannya, eksperimen terhadap lalat ini menjadi awal dari banyak hewan lain yang akan diteliti astronot pada kemudian hari.

2. Monyet

Dalam sejarahnya, terdapat sejumlah monyet yang pernah ke luar angkasa. Pertama, jenis kera Rhesus bernama Albert II. Di tahun 1949, dia mencapai jarak 134 km, namun meninggal karena benturan saat perjalanan kembali ke atmosfer bumi.

Selain itu, seekor kera besar bernama Ham juga pernah diluncurkan oleh NASA pada 31 Januari 1961. Berbeda dengan Albert, dia berhasil selamat dan kembali ke Bumi.

3. Tikus

Pada perkembangannya, tikus memang kerap menjadi objek penelitian para ilmuwan. Tak sekadar berada di laboratorium, seekor tikus juga pernah diterbangkan ke luar angkasa pada 1950.

Sayangnya, tikus tersebut harus tewas setelah roket yang ditumpanginya hancur akibat kegagalan parasut.

4. Anjing

Hewan yang pernah ke luar angkasa berikutnya adalah Anjing. Sekitar tahun 1957, seekor anjing bernama Laika dari Moskow dianggap cocok sebagai objek penelitian.
Meski sebelumnya telah ada anjing lain yang diluncurkan ke luar angkasa, namun Laika dikenal sebagai yang pertama mengorbit bumi. Sayangnya, dia tidak pernah kembali.

Dalam hal ini, pemerintah Uni Soviet kala itu mengklaim bahwa Laika hanya bertahan 7 hari. Setelahnya muncul temuan bahwa dia meninggal hanya 5 jam setelah penerbangan karena kepanasan.