Robot InSight Sekarat Akibat Cuaca Ekstem di Mars

Kamis, 22 Desember 2022 - 11:27 WIB
loading...
Robot InSight Sekarat Akibat Cuaca Ekstem di Mars
Robot InSight saat menjelajah Mars untuk meneliti kehidupan di planet merah tersebut. FOTO/ IST
A A A
TEXAS - Umur kendaraan robotik milik Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) akan berakhir sewaktu-waktu akibat kondisi cuaca ekstrem di planet Mars.

Seperti dilansir dari The Guardian Kamis (22/12/2022), kendaraan robot yang dikenal sebagai InSight dikatakan telah menyampaikan pesan terakhir dari Mars.



Sebuah pesan yang diposting di akun Twitter NASA InSight menyatakan bahwa umur kendaraan robotik tersebut sekarang semakin berkurang, jadi mungkin ini adalah gambar terakhir yang dikirim.

"Jangan khawatir tentang saya, sepanjang waktu saya di sini produktif dan tenang. Jika saya dapat terus berkomunikasi dengan tim misi, saya akan melakukannya,''

"Namun, umurku di sini akan segera berakhir. Terima kasih karena selalu bersamaku," jelas pesan itu.

Sebuah kendaraan robot yang dilengkapi alat pemantau gempa, mendarat di kawasan Elysium Planitia di planet Mars pada November 2018.

Sejak mendarat, kendaraan robotik tersebut telah melakukan penggalian geologis, melakukan pengukuran pertama gempa bumi menggunakan seismometer berteknologi tinggi yang ditempatkan langsung di permukaan Mars.

InSight dikembangkan untuk mendengarkan gempa bumi dan getaran sebagai cara mengungkap misteri planet merah dan bagaimana planet itu terbentuk miliaran tahun lalu.

Berdasarkan laporan misi yang dipublikasikan, sejak InSight dikerahkan, InSight telah mengukur lebih dari 1.300 peristiwa seismik.

Bahkan lebih dari 50 di antaranya memiliki sinyal yang cukup jelas bagi tim untuk memperoleh informasi tentang lokasi kendaraan di Mars.

Bulan lalu, NASA memperingatkan bahwa umur kendaraan robot mungkin akan segera berakhir karena debu yang menyelimuti dan mengganggu Insight.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1786 seconds (0.1#10.140)