7 Penemuan Menggemparkan di Dunia yang Mengejutkan saat Ditemukan

Sabtu, 24 Desember 2022 - 14:56 WIB
loading...
7 Penemuan Menggemparkan di Dunia yang Mengejutkan saat Ditemukan
Terdapat tujuh penemuan menggemparkan yang sempat mengejutkan dunia. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Terdapat tujuh penemuan menggemparkan yang sempat mengejutkan dunia . Sebuah temuan umumnya memberikan informasi tentang suatu peradaban di masa lampau.

Namun dari banyaknya penemuan para arkeolog , terdapat beberapa yang sampai saat ini masih menyimpan tanda tanya besar, bahkan tak sedikit juga yang sempat membuat heboh.

Meski begitu, penemuan menggemparkan ini juga menjadi sumber pengetahuan baru yang belum terpecahkan sebelumnya.

Baca juga : 3 Penemuan Penting Stephen Hawking

Berikut tujuh penemuan menggemparkan di dunia yang dilansir dari thecompleteuniversityguide.co.uk :

1. Makam Tutankhamun

Howard Carter dan George Herbert pada tahun 1922 menemukan makam firaun Mesir Tutankhamun. Temuan ini lantas memberikan kontribusi yang besar dalam dunia arkeologi pada masa itu.

Makam tersebut diketahui berisikan lebih dari 2.000 barang antik. Tutankhamun sendiri menjadi firaun sejak usia delapan atau sembilan tahun dan meninggal satu dekade kemudian, yang kemungkinan disebabkan oleh penyakit malaria yang parah.

2. Makam Richard III

Sebelumnya jasad Richard III ini sempat dikabarkan menghilang dan tidak diketahui keberadaannya. Makam ini ditemukan oleh arkeolog Richard Buckley, dari Universitas Leicester.

Lokasi ditemukannya pun cukup unik yakni di terkubur di bawah tempat parkir di kota Leicester. Setelah dilakukan tes DNA, tim dari Universitas Leicester mengkonfirmasi bahwa jasad tersebut adalah Richard III.

3. Timbunan Staffordshire

Timbunan Staffordshire merupakan timbunan emas dan perak terbesar yang pernah ditemukan. Pada 2009, Terry Herbert menemukan timbunan harta karun ini menggunakan alat deteksi logam di tanah pertanian milik Fred Johnson di Staffordshire.

Penemuan ini terdiri dari 3.000 lebih benda yang kebanyakan piranti perang. Jumlahnya diperkirakan bernilai lebih dari 3 juta poundsterling. Benda benda tersebut diperkirakan berasal dari abad ke – 7 atau abad ke – 8.

4. Moai

Arkeolog mencatat terdapat 887 patung besar atau Moai di Pulau Easter, sebuah pulau yang berada di Samudera Pasifik. Patung tersebut merupakan hasil karya mengesankan dari orang-orang Rapa Nui yang berasal antara tahun 1250 dan 1500.

Penemuan ini sempat menggemparkan para arkeolog dan membuat satu pertanyaan besar. Bagaimana orang orang pada masa tersebut dapat menggerakkan batu besar ? Padahal di tahun tersebut belum ada teknologi yang mampu untuk menggerakkan batu besar.

Baca juga : 10 Penemuan Arkeologi Terbesar Tahun 2021

5. Gulungan di Laut Mati

Penemuan menggemparkan selanjutnya datang dari 11 gua yang berada dekat dari Laut Mati. Gulungan ini merupakan kumpulan dari 800 manuskrip, dokumen ini dipercaya sebagai Alkitab Ibrani tertua yang ditemukan.

Gulungan tersebut diperkirakan dibuat pada tahun 700 M. Penemuan ini telah memberikan wawasan yang besar bagi para penerjemah Alkitab.

6. Patung Tentara Terakota

Patung pasukan Terakota merupakan penemuan arkeologi paling fenomenal bagi sejarah China. Ribuan patung Terakota dibuat sekitar 2.200 tahun lalu untuk melindungi Kaisar Qin Shi Huang setelah kematiannya.

Oleh karena itu, pasukan Terakota juga kerap dijuluki tentara penjaga bagi kehidupan akhirat sang kaisar. Terdapat sekitar 8000 patung tentara, 500 lebih patung kuda, dan 130 kereta kuda, di kompleks makam Kaisar Qin Shi Huang.

7. Gua Altamira

Salah satu hal menarik di gua yang terletak di Spanyol ini adalah terdapatnya lukisan bison dan simbol simbol cetakan tangan. Para ahli berpendapat bahwa gua tersebut dijadikan tempat penyampaian informasi pada masa prasejarah.

Lukisan ini ditemukan di tahun 1880, artefak tersebut diperkirakan berasal dari antara 14.000 dan 20.000 tahun yang lalu.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1243 seconds (0.1#10.140)