Senin, 13 Desember 2021 - 14:14 WIB
10 Penemuan Arkeologi Terbesar Tahun 2021
Arkeolog dari Fakultas Arkeologi dan Sejarah Kuno Universitas Leicester menemukan sisa-sisa mosaik berukuran 11 x 7 meter yang menggambarkan pertempuran pahlawan legendaris Achilles dan Pangeran Troya Hector. Foto/heritagedaily
BERBAGAI penemuan arkeologi terus bermunculan dan mengungkap banyak nilai sejarah dan pengetahuan tentang kehidupan sebelumnya. Sepanjang tahun 2021 ada sepuluh penemuan arkeologi yang dinilai terbesar dan terpenting yang dirangkum laman heritagedaily, berikut urutannya;

1. Mosaik Langka Perang Troya di Inggris
10 Penemuan Arkeologi Terbesar Tahun 2021

Para arkeolog menemukan mosaik langka yang menggambarkan adegan-adegan dari Homer's Iliad saat menggali kompleks vila Romawi pada September 2021. Arkeolog dari Fakultas Arkeologi dan Sejarah Kuno Universitas Leicester menemukan sisa-sisa mosaik berukuran 11 x 7 meter yang menggambarkan pertempuran pahlawan legendaris Achilles dari Iliad dan dengan Pangeran Troya Hector.

Karya seni tersebut membentuk lantai ruang makan dalam sebuah bangunan vila besar dari abad ke-3 dan ke-4 pada periode Romawi akhir. Sebuah studi geofisika dan evaluasi arkeologi mengidentifikasi beberapa bangunan pendukung, seperti lumbung, rumah pemandian, struktur melingkar dari serangkaian parit pembatas. (Baca juga; Mosaik Perang Troya Berukuran 77 Meter Ditemukan di Inggris, Lukiskan Duel Epik Hector dan Achilles )

2. Kereta Upacara Romawi dekat Kota Romawi Pompeii
10 Penemuan Arkeologi Terbesar Tahun 2021

Arkeolog dari Taman Arkeologi Pompeii dan Kantor Kejaksaan Torre Annunziata menemukan Kereta Upacara Romawi yang masih utuh saat penggalian dekat Kota Romawi Pompeii. Penggalian dilakukan pada material vulkanik sedalam 6 meter. (Baca juga; Bukti Langka Penyaliban Romawi Ditemukan di Inggris, Paku Menancap di Tulang Tumit )

Ditemukan sebuah kereta upacara besar yang disebut Pilentum di serambi dua tingkat, dengan keempat rodanya masih utuh, bersama dengan komponen besi, perunggu dan dekorasi timah, sisa-sisa kayu mineral. Ditemukan juga jejak bahan organik seperti tali dan hiasan bunga.

3. Lempengan Zaman Perunggu Peta Kartografi 3D di Eropa
10 Penemuan Arkeologi Terbesar Tahun 2021

Sebuah lempengan batu yang berasal dari Zaman Perunggu Awal sekitar 2150-1600 SM adalah peta tertua di Eropa. Sebuah tim peneliti multi-nasional menemukan bahwa lempengan itu mengandung banyak elemen dalam peta prasejarah - termasuk motif berulang yang digabungkan dengan garis untuk memberikan tata letak peta.

Pemeriksaan permukaan ukiran menunjukkan bahwa topografi lempengan itu sengaja berbentuk 3D untuk mewakili lembah Sungai Odet. Sementara beberapa garis muncul untuk menggambarkan jaringan sungai. Karya ini menunjukkan bahwa wilayah yang diwakili pada lempengan berhubungan dengan area sekitar 30 x 21 km, di sepanjang aliran Sungai Odet.

Motif pusat, ditafsirkan sebagai simbol kandang, menunjukkan ada tiga mata air sungai (Odet, Isole, dan Stêr Laër). (Baca juga; Atlas Ottoman Ditemukan di Inggris, Cetakan Pertama dari Dunia Islam dan Punya 24 Warna )

4. Permukiman Norse di Amerika
10 Penemuan Arkeologi Terbesar Tahun 2021

Sebuah tim peneliti internasional menemukan permukim Norse di Amerika pada awal 1021 M yang berfungsi sebagai basis eksplorasi dan kamp musim dingin. Studi yang diterbitkan dalam jurnal Nature, fokus pada situs Norse L'Anse aux Meadows di provinsi Newfoundland dan Labrador, Kanada.

Para peneliti mempelajari potongan-potongan kayu dari permukim yang menunjukkan bukti jelas pemotongan dan pengirisan dengan bilah logam (bahan yang tidak diproduksi oleh penduduk asli). Penetapan tahun 1021 M secara tepat ditentukan berdasarkan badai matahari besar terjadi pada 992 M yang menghasilkan sinyal radiokarbon berbeda di cincin pohon dari tahun berikutnya. (Baca juga; Bukan Columbus, Ternyata Bangsa Viking 471 Tahun Lebih Dulu Tiba di Amerika )