Rolls-Royce Rampungkan Pembuatan Mesin Pesawat Terbesar di Dunia, Begini Kehebatannya

Rabu, 28 Desember 2022 - 08:04 WIB
loading...
Rolls-Royce Rampungkan Pembuatan Mesin Pesawat Terbesar di Dunia, Begini Kehebatannya
Rolls-Royce telah selesai membangun mesin pesawat terbesar Ultrafan dengan efisiensi bahan bakar sebesar 25 persen. Foto/Rolls-Royce/NewAtlas
A A A
WESTHAMPNETT - Rolls-Royce telah selesai membangun mesin pesawat terbesar Ultrafan dengan efisiensi bahan bakar sebesar 25 persen. Mesin pesawat turbofan generasi berikutnya ini juga dipersiapkan untuk penggunaan bahan bakar hidrokarbon di masa depan.

Turbofan berbilah biru raksasa ini memiliki kipas berdiameter 140 inci (3,56 meter), hampir 5% lebih besar daripada General Electric GE9X yang saat ini merupakan mesin terbesar di kelas pesawat terbang. Mesin Ultrafan ini menghasilkan daya dorong mulai dari 25.000 lbf hingga 110.000 lbf.

Meskipun kipas memiliki diameter yang sangat besar, turbin di dalamnya dibuat cukup kompak. Para insinyur Rolls-Royce telah memastikan sejumlah besar udara mengalir di sekitar inti kompresor dan langsung keluar dari bagian belakang mesin.



Bukan disalurkan melalui inti mesin untuk menggerakkan kompresor. Ini menciptakan rasio bypass yang tinggi, membantu mengurangi kebisingan hingga 35%, dan memberi mesin peningkatan efisiensi bahan bakar yang signifikan.

UltraFan juga menjalankan planetary power gearbox antara kipas dan kompresor di bagian belakang. Jadi kipas mesin dapat bekerja pada kecepatan lambat yang optimal, sementara kompresor bekerja pada kecepatan optimal yang lebih tinggi.

“Dalam pengujian sebelumnya, girboks menangani daya sekitar 65 megawatt (87.000 hp). Ini adalah rekor lainnya dalam penerbangan,” tulis laman NewsAtlas, Rabu (28/12/2022).

Mesin UltraFan memanfaatkan proses manufaktur komposit 3D baru yang dikendalikan robot dari Rolls-Royce. Jadi Rolls-Royce mampu menghasilkan bentuk kompleks yang diperlukan untuk aerodinamika bilah kipas.



Titanium masih menjadi pilihan para insinyur untuk tepi depan bilah, tetapi sisanya menggunakan bahan komposit karbon. Ini membuat bilah mesin jauh lebih ringan daripada kipas full-titanium yang digunakan di mesin kelas Trent Rolls-Royce.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4377 seconds (0.1#10.140)