7 Fakta Betelgeuse Bintang Raksasa yang 700 x Lebih Besar dari Matahari

Jum'at, 30 Desember 2022 - 17:01 WIB
loading...
A A A
3. Memiliki Kecerahan yang Tidak Teratur

Sebagai variabel tak beraturan Alpha Orionis juga berfluktuasi dalam kecerahan dan meskipun memiliki luminositas sekitar 13.000 kali matahari, kecerahannya berkisar antara 0,2 dan 1,2 magnitudo di langit malam.

Akibatnya, meskipun merupakan bintang paling terang ke-8 di langit, ada periode ketika bintang itu bahkan mengalahkan bintang paling terang Orion, Rigel, sementara di lain waktu tampak lebih redup daripada bintang paling terang ke-19 Deneb di konstelasi Cygnus.

4. Bintang Merah Raksasa

Dikutip dari ilmugeografi, Alpha Orionis Merupakan salah satu bintang raksasa yang memiliki ukuran sekitar 2.3 dari bintang terbesar yang pernah ditemukan oleh manusia.

Bintang ini berubah warna sepanjang siklus hidupnya dari tipe biru terpanas ke tipe merah yang lebih tua dan lebih dingin tergantung pada fase evolusi bintang mana yang telah dicapai. Alpha Orionis memiliki suhu permukaan rendah 6000 F, membuatnya tampak berwarna oranye-merah.

Baca juga : Betelgeuse Kembali Bersinar, Astronom Deg-degan dengan Kondisi Alam Semesta

5. Baru Berusia 10 Juta Tahun

Fakta aneh tentang bintang masif adalah bahwa mereka membakar bahan bakarnya jauh lebih cepat daripada bintang lain dan berumur sangat pendek. Di usianya yang baru 10 juta tahun, Betelgeuse sudah cukup tua untuk ukuran supergiant dan mendekati akhir hidupnya.

6. Bintang yang Bisa Menjadi Supernova
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1193 seconds (0.1#10.140)