Turki Upgrade Jet Tempur F-16 dengan Sistem Komputer Misi Buatan Dalam Negeri

Selasa, 10 Januari 2023 - 16:56 WIB
loading...
Turki Upgrade Jet Tempur F-16 dengan Sistem Komputer Misi Buatan Dalam Negeri
Turki meningkatkan kemampuan jet tempur F-16 Fighting Falcon dengan sistem komputer misi buatan dalam negeri yang diberi nama MGB. Foto/Turkish Air Force/AA
A A A
ANKARA - Turki meningkatkan kemampuan jet tempur F-16 Fighting Falcon dengan sistem komputer misi buatan dalam negeri yang diberi kode MGB. Ini merupakan program Angkatan Udara Turki untuk mengupgrade jet tempur F-16 Block 30 menjadi Block 70 yang lebih canggih.

Komputer misi MGB berfungsi memperluas kemampuan pilot F-16 melalui infrastruktur avionik terbaru. F-16 Turki akan menerima konsol baru dengan layar warna multifungsi. Turki juga akan memutakhirkan sistem "teman-musuh" atau “friend-foe” system.

Sumber dalam negeri Turki mengatakan sistem "teman-musuh" buatan dalam negeri ini setara dengan KY58 dan KY100 milik NATO. Turki menyebut sistem ini sebagai IFF Mod 5/S yang sama seperti sistem milik NATO, perangkat ini menyediakan komunikasi dan tautan terenkripsi.



Pembuatan komputer misi MGB merupakan bagian dari rencana Ankara agar angkatan bersenjata Turki lebih mandiri, tidak bergantung pada pabrikan dan pemasok asing. “Turki akan menerima upgrade pertama F-16 tahun ini,” kata Profesor Ismail Demir, Presiden Badan Industri Pertahanan (SSB) dikutip dari laman Bulgarian Military, Selasa (10/1/2022).

Komponen penting ketiga yang akan membantu meng-upgrade F-16 Turki adalah penggantian radar baru. Radar jet tempur F-16 Block 30 Turki yang sudah usang akan menerima radar MURAD AESA yang dirancang dan diproduksi oleh perusahaan Turki Aselsan.

Turki mengklaim bahwa radar MURAD AESA memiliki deteksi dan penargetan yang lebih baik daripada pesaingnya dari AS, radar APG-83. Media Bosphorus melaporkan total 79 pesawat tempur F-16 Blok 30 Angkatan Udara Turki akan dimodernisasi di bawah program Ozgur Turki.
Turki Upgrade Jet Tempur F-16 dengan Sistem Komputer Misi Buatan Dalam Negeri


Komputer misi MGB pertama kali diperkenalkan Menteri Industri dan Teknologi Turki Mustafa Varank di depan parlemen pada November 2022. Dikutip dari laman Anadolu Agency (AA), komputer misi MGB dirancangan sebagai "otak" dari pesawat tempur generasi ke-5 Turki.



Komputer misi dirancang Pusat Penelitian Teknologi Lanjutan Informatika dan Keamanan Informasi (BİLGEM) dari Dewan Riset Ilmiah dan Teknologi Türkiye (TÜBİTAK). Kemudian komputer misi ini dikirim ke Industri Dirgantara Turki (TAI).

Peningkatan ini membuat kemampuan jet tempur F-16 Turki menjadi lebih canggih dan memperpanjang usia pemakaian. Terpenting, Turki tidak sepenuhnya bergantung kepada sistem komputer misi buatan negara lain dan bisa diterapkan pada pesawat tempur generasi ke-5 buatan TAI.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2447 seconds (0.1#10.140)