5 Keunikan Por-Bazhyn, Benteng Pulau Misterius di Siberia Rusia

Sabtu, 21 Januari 2023 - 17:52 WIB


Menurut studi dendrokronologi awal dan penanggalan radiokarbon menunjukkan bahwa benteng Por-Bazhyn dibangun antara tahun 770 dan 790 M. Para ekskavator menunjukkan bahwa ini terjadi pada masa pemerintahan Uyghur Bogu Qaghan, penerus Moyanchur.

Oleh karena itu Por-Bazhyn tidak mungkin merupakan istana yang disebutkan dalam prasasti Selenga. Tanggal pembangunan istana kemudian disempurnakan lebih lanjut menjadi sekitar tahun 777 M.



Penanggalan radiokarbon dan studi dendrokronologi menunjukkan bahwa Por-Bazhyn dibangun sekitar tahun 777 M oleh suku Uighur. Ini merupakan sebuah konfederasi suku di bawah Orkhon Uyghur yang memerintah dari tahun 742 hingga 848 M. Orang China menyebut orang Uighur sebagai Jiu Xing, yang berarti "sembilan klan".

3. Bergaya Arsitektur China



Dari hasil penggalian menunjukkan bahwa benteng Por-Bazhyn dibangun sebagai istana Uyghur pada abad ke-8 M. Kemudian, segera diubah menjadi biara Manichaean, ditinggalkan setelah pendudukan singkat, dan akhirnya dihancurkan oleh gempa bumi dan kebakaran.

Metode konstruksinya menunjukkan bahwa Por-Bazhyn dibangun dalam tradisi arsitektur China dari Dinasti Tang. Seperti teknik hangtu untuk konstruksi dinding tirai, dan langit-langit dougong di struktur interior.

Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More