Keunikan Ujung Timur dan Barat Tembok Besar China, Dari Tepi Pantai Berakhir di Tengah Gurun

Sabtu, 12 Februari 2022 - 16:35 WIB
loading...
Keunikan Ujung Timur dan Barat Tembok Besar China, Dari Tepi Pantai Berakhir di Tengah Gurun
Tembok Besar China dibangun pda abad ke-3 SM hingga abad ke-17 M secara terus menerus di perbatasan utara sebagai proyek pertahanan militer Kekaisaran Tiongkok. Foto/Britanicca
A A A
BEIJING - Tembok Besar China dibangun pda abad ke-3 SM hingga abad ke-17 M secara terus menerus di perbatasan utara sebagai proyek pertahanan militer Kekaisaran Tiongkok. Tembok dengan panjang total lebih dari 20.000 kilometer membentang dari timur di Shanhaiguan di provinsi Hebei dan berakhir barat di Jiayuguan, provinsi Gansu, China .

Tembok Besar sebenarnya terdiri dari banyak tembok, di antaranya sejajar satu sama lain, dibangun selama sekitar dua milenium melintasi China utara dan Mongolia selatan. Versi tembok yang paling luas dan terpelihara dengan baik berasal dari Dinasti Ming (1368–1644).

Tembok ini sering menelusuri puncak bukit dan gunung, sekitar seperempat dari panjangnya hanya terdiri dari penghalang alami seperti sungai dan pegunungan. Hampir semua sisanya (sekitar 70 persen dari total panjang) adalah dinding yang sebenarnya dibangun, dengan bentangan kecil yang tersisa berupa parit atau parit.

“Ini merupakan contoh luar biasa dari arsitektur, teknologi, dan seni militer Tiongkok kuno biasa. Ini mewujudkan signifikansi yang tak tertandingi sebagai simbol nasional untuk menjaga keamanan negara dan rakyatnya,” tulis unesco.org.



Secara tradisional, ujung timur Tembok Besar China dikenal sebagai Celah Shanhai (Shanhaiguan), terletak di provinsi Hebei di sepanjang pantai Bo Hai (Teluk Chihli). Panjang tembok, tanpa cabang dan bagian sekunder lainnya, memanjang sejauh 6.700 km.

Shanhaiguan adalah kota kecil yang sepi dan pelabuhan di bagian utara teluk Bohai, yang memiliki akses antara China timur laut dan utara. Dibangun pada tahun 583, direnovasi di berbagai dinasti hingga diubah menjadi benteng militer yang tangguh selama Dinasti Ming.

Sebagai jalur strategis antara utara dan timur laut China, jalur ini telah menjadi rebutan para ahli strategi militer sejak zaman China kuno. Itu juga dianggap sebagai jalur No.1 Tembok Besar dan kunci pertahanan dua ibu kota kuno - Beijing di timur dan Chang'an (Xian) di barat.



Shanhaiguan terdiri dari sebuah kastil utama, dua kastil pendukung satu di utara dan satu di selatan, dan dua dinding pelindung setengah lingkaran di depan kastil utama, kota Weiyuan dan kota Ninghai. Di gerbang timur tembok kota berdiri sebuah menara yang digantung dengan papan bertuliskan horizontal: 'Jalan Pertama di Bawah Langit'.
Keunikan Ujung Timur dan Barat Tembok Besar China, Dari Tepi Pantai Berakhir di Tengah Gurun
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1940 seconds (0.1#10.140)