5 Keunikan Por-Bazhyn, Benteng Pulau Misterius di Siberia Rusia

Sabtu, 21 Januari 2023 - 17:52 WIB
Walaupun studi terbaru menunjukkan bahwa bangunan itu memiliki tipologi gaya Uyghur yang khas. Strukturnya mungkin masih berupa istana karena tata letaknya mirip dengan istana Uyghur di Karabalgasun.

4. Terletak di Pulau Kecil di Tengah Danau



Benteng Por-Bazhyn menempati berada di sebuah pulau kecil di Danau Tere-Khol, sekitar 1.300 meter di atas permukaan laut di pegunungan Sengelen Siberia selatan. Lokasinya 8 km di sebelah barat Desa Kungurtuk di sebelah tenggara Republik Tuva (Federasi Rusia), dekat dengan perbatasan Rusia dengan Mongolia.

Tembok-tembok situs Por-Bazhyn mengelilingi sebuah area berbentuk persegi panjang, berorientasi timur-barat dan menutupi hampir seluruh pulau. Interiornya terdiri dari dua pekarangan besar, kompleks bangunan pusat, dan rangkaian pekarangan kecil di sepanjang dinding utara, barat dan selatan.



Dinding tirai barat dan timur relatif terjaga dengan baik. Gerbang utama, dengan menara gerbang dan tanjakan yang mengarah ke sana, terletak di tengah tembok timur. Bukan tidak mungkin Por-Bazhyn adalah situs ritual atau benteng militer, tetapi untuk mendukung interpretasi ini masih membutuhkan banyak bukti.

5. Tata Letak Mirip Struktur Ibu Kota



Bangunan Por-Bazhyn mencakup area seluas 7,5 hektare dan menyerupai ibu kota Uighur dari Kekhanan Uighur pertama di Karabalgasu. Tata letaknya juga dapat diartikan sebagai kota ideal, terdiri dari dua halaman sejajar, serangkaian halaman kecil tertutup yang membentang di sepanjang interior dinding tirai utara, barat, dan selatan.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More