Bikin Ketar-ketir, Dampak Letusan Gunung Hunga Tonga Membuat Lapisan Ozon Bocor

Kamis, 26 Januari 2023 - 21:04 WIB
Meskipun memperkirakan efek Hunga Tonga pada lubang ozon di atas Antartika tahun depan bersifat spekulatif, Newman cukup yakin para ilmuwan akan melihat perbedaannya. “Bahan (air) dari Hunga Tonga tidak masuk ke lubang ozon di Antartika tahun ini, tapi pasti akan sampai di sana tahun depan," kata Newman.



Dia memperkirakan efeknya akan dapat dideteksi dan itu akan cukup besar. Apalagi, stratosfer Antartika bervariasi dari tahun ke tahun sehingga selalu ada kemungkinan akan memiliki sirkulasi stratosfer yang aneh.

Para ilmuwan pertama kali memperhatikan melemahnya lapisan ozon, serta lubang menganga di atasnya di atas Antartika, pada tahun 1970-an. Melalui lapisan ozon yang melemah, radiasi ultraviolet yang lebih merusak mencapai permukaan bumi.

Menurut penilaian baru yang dirilis 8 Januari 2023, lapisan ozon di seluruh dunia sebagian besar akan pulih dalam dua dekade mendatang. Butuh waktu sedikit lebih lama untuk menutup lubang ozon Antartika, tetapi para ilmuwan memperkirakan lubang itu akan menghilang pada pertengahan 2060-an.
(wib)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More