Rudal Hipersonik AS Sukses Tembus Kecepatan Mach 5 di Ketinggian 18 Km

Rabu, 01 Februari 2023 - 12:31 WIB
Teknologi utama yang diuji selama program HAWC adalah mesin scramjet yang bernapas dengan udara. Scramjet adalah jenis mesin jet dengan pembakaran udara yang melewatinya saat bergerak dengan kecepatan supersonik.



Sementara mesin jet biasa menggunakan turbin bergerak untuk memampatkan udara di dalamnya, scramjet menggunakan geometri dan kecepatannya sendiri untuk mencapai kompresi ini. Scramjet dirancang agar lebih efisien daripada jenis mesin jet lainnya dan dapat mengurangi berat keseluruhan dengan menghilangkan bagian yang bergerak seperti bilah turbin.

Data yang diperoleh dari tes HAWC akan digunakan untuk desain kendaraan hipersonik lebih lanjut dalam program MOHAWC. Menurut laporan tahun 2022 dari C4ISRNET, program lanjutan untuk meningkatkan teknologi propulsi scramjet, mengurangi ukuran komponen subsistem, dan meningkatkan proses produksi.

Penyelesaian program HAWC menambah keberhasilan baru-baru ini yang dimiliki militer AS dalam upayanya untuk mengembangkan dan mengerahkan senjata hipersonik operasional. Pada bulan Desember 2022, Angkatan Udara Amerika Serikat mengumumkan telah berhasil menembakkan rudal hipersonik pertama yang beroperasi penuh, memenuhi semua tujuan pengujian.
(wib)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More