Seperti Serial Zombie The Last of Us, Jamur Ternyata Bisa Ngobrol hingga 50 Kata

Senin, 06 Februari 2023 - 07:16 WIB
Dalam beberapa kasus, jamur juga dapat berkomunikasi dengan tanaman dan bahkan hewan, membentuk simbiosis yang saling menguntungkan.

Mirip Bahasa Manusia

Jamur Cordyceps yang menginfeksi semut.

Dari hasil analisis dan hitungan matematika dari sinyal kimiawi yang dikirimkan dari satu jamur ke lainnya, ilmuwan mengenali pola struktural yang mirip dengan kata-kata manusia.

Penelitian menunjukkan bahwa jamur mengeluarkan impuls listrik melalui struktur berserabut panjang di bawah tanah yang disebut hifa. Hifa ini mirip dengan cara sel saraf mengirimkan informasi pada manusia.

Ilmuwan menemukan bahwa laju impuls meningkat ketika hifa jamur pencerna kayu bersentuhan dengan balok kayu. Terbukti jamur menggunakan “bahasa” listrik ini untuk berbagi informasi tentang makanan atau cedera dengan bagian yang jauh dari diri mereka sendiri atau bahkan dengan pohon.

Prof Andrew Adamatzky dari University of the West of England di Bristol telah menganalisis pola lonjakan listrik yang dihasilkan oleh empat spesies jamur. Yakni jamur enoki, split gill (jamur pelapuk), jamur hantu, dan jamur ulat.

“Kami tidak tahu apakah ada hubungan langsung antara pola spiking pada jamur dan ucapan manusia. Mungkin tidak,” kata Adamatzky. “Tapi ada banyak kesamaan dalam pemrosesan informasi pada substrat hidup dari famili dan spesies berbeda,” tambahnya.