5 Jamur dengan Penampilan Menyeramkan, Ada yang Seperti Otak hingga Empedu

Kamis, 15 Juni 2023 - 20:41 WIB
loading...
5 Jamur dengan Penampilan Menyeramkan, Ada yang Seperti Otak hingga Empedu
Struktur sel jamur yang unik dan perilaku hidupnya yang tidak biasa membuatnya tumbuh dengan berbagai bentuk yang aneh. Foto/gardentoolbox/Wikipedia
A A A
JAKARTA - Jamur merupakan spesies unik yang memiliki kedekatan genetik dengan hewan daripada dengan tanaman. Meskipun begitu, selama berabad-abad, jamur telah dikategorikan sebagai tanaman .

Struktur sel jamur yang unik dan perilaku hidupnya yang tidak biasa membuatnya tumbuh dengan berbagai bentuk yang aneh. Bahkan banyak ilmuwan yang menyatakan bahwa jamur merupakan makhluk hidup yang berbeda dengan bentuk kehidupan lainnya.

Evolusi telah memberikan pengaruh besar terhadap keberagaman jamur yang ada. Saat ini, terdapat banyak jamur dengan bentuk yang mengerikan, bahkan beberapa di antaranya bisa membuat kita mengalami mimpi buruk!

Berikut 5 Jamu yang Berpenampilan Menyeramkan


1. Jamur yang Mirip Tentakel Gurita

5 Jamur dengan Penampilan Menyeramkan, Ada yang Seperti Otak hingga Empedu

Clathrus archeri, juga dikenal dengan sebutan 'octopus stinkhorn' dan 'Devil's fingers,' adalah jamur dengan penampilan menyeramkan yang menyerupai gurita terbalik. Jamur ini memiliki bau yang sangat menyengat sehingga menarik perhatian lalat. Jamur ini memiliki "tentakel" yang muncul dalam jumlah empat hingga delapan pada setiap pertumbuhannya.



2. Jamur yang Mirip Jari-Jari Mayat

Jamur yang memiliki penampilan paling menyeramkan adalah Xylaria polymorpha, yang juga dikenal dengan sebutan 'dead's man fingers' atau jari-jari mayat. Jamur ini muncul dengan struktur berwarna hitam yang mirip dengan jari-jari yang keluar dari tanah.

3. Jamur yang Mirip Gigi yang Terluka

5 Jamur dengan Penampilan Menyeramkan, Ada yang Seperti Otak hingga Empedu

Hydnellum peckii adalah jamur dengan penampilan menyeramkan lainnya. Jamur ini dikenal dengan berbagai nama unik seperti jamur gigi berdarah, jamur krim stroberi, dan jamur gigi setan. Sesuai dengan namanya, jamur ini mengeluarkan cairan merah darah dari bagian bawahnya yang berwarna putih.

4. Jamur yang Berbentuk Seperti Penis

Phallus impudicus, atau yang dikenal sebagai "penis yang memalukan," adalah jamur dengan bentuk menyerupai penis yang menjulang. Jamur ini memiliki panjang sekitar 25 sentimeter. Selain itu, jamur ini juga terkenal dengan sebutan tanduk berbau karena ditutupi oleh cairan lengket yang memiliki aroma khas. Bau ini berguna untuk menarik lalat agar menyebarkan spora dari jamur ini.



5. Jamur yang Berbentuk Seperti Otak Manusia

5 Jamur dengan Penampilan Menyeramkan, Ada yang Seperti Otak hingga Empedu

Jamur dengan nama ilmiah Gyromitra esculenta memiliki penampilan yang sangat mirip dengan otak manusia. Jamur ini termasuk dalam kelompok morel dan sebaiknya dihindari untuk dikonsumsi menurut ilmu jamur.

Namun, banyak koki dan pecinta makanan di seluruh dunia yang menganggap jamur ini memiliki cita rasa yang lezat jika dimasak dengan teknik yang tepat. Oleh karena itu, jamur ini dapat dinikmati dengan baik jika dimasak dengan teknik tertentu agar tidak keracunan.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1752 seconds (0.1#10.140)