9 Hewan yang Lahir Tanpa Mata, Ada Mamalia dengan Sistem Sensorik Paling Sensitif

Selasa, 11 April 2023 - 17:17 WIB
Terdapat sembilan hewan tanpa mata atau buta sedari lahir. Foto DOK ist
JAKARTA - Terdapat sembilan hewan tanpa mata atau buta sedari lahir. Meskipun tidak memiliki indra penglihatan, mereka tetap dapat bertahan hidup dengan memanfaatkan indra lainnya.

Perkembangan evolusioner hewan tanpa mata ini membuat mereka memiliki indra atau organ lain yang lebih kuat. Indra tersebutlah yang nantinya dapat menggantikan fungsi mata untuk bertahan hidup dalam berbagai kondisi.



Daftar Hewan yang Lahir Tanpa Mata

Berikut ini sembilan hewan yang lahir tanpa mata. Kebanyakan mereka hidup di tengah kegelapan sehingga fungsi mata tidak terlalu diperlukan.

1. Texas Salamander

Kadal Texas ini memiliki warna putih semu merah muda dan terdapat dua bercak hitam di kepalanya yang terlihat seperti mata. Meski tidak memiliki mata, kadal ini dapat bertahan hidup dalam kegelapan total menurut A-Z Animals.



Reptil yang tinggal di dalam air ini mampu mendeteksi musuh yang mendekat dengan merasakan perubahan tekanan air.

2. Hydra Air Tawar

Hewan mikroskopis ini memiliki tentakel seperti yang berada di air asin. Hal yang membedakan antara dua spesies hydra tersebut adalah tidak adanya mata, otak, dan otot di hydra air tawar.

Namun ahli biologi terpesona akan kemampuan regenerasi hydra yang tak pernah menua. Mereka selalu memperbaharui diri tanpa batas dan akan meregenerasi jaringan yang rusak.

3. Widemouth Blindcat

Spesies ikan lele ini berhabitat di Amerika Utara, ciri hewan ini adalah warnanya yang putih, dengan bentuk tubuh persis lele tanpa mata. Ikan ini memiliki hidung yang besar dan mulut yang lebar.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More