Ilmuwan Ungkap Rahasia Resep Parfum dari Zaman Romawi Kuno

Senin, 29 Mei 2023 - 07:40 WIB
Ramuan ini kemudian dimasukan kedalam botol dari batu kristal (kuarsa) yang diukir dalam bentuk amphora yang sangat langka dan mahal, sebagaimana dihimpun dari IFL Science.

“Pada zaman Romawi, bejana kuarsa adalah benda mewah yang sangat langka, beberapa di antaranya ditemukan di dekat Carmona,” tulis tim tersebut dalam sebuah makalah tentang temuan mereka.

“Dengan demikian (guci) itu merupakan temuan yang agak tidak biasa untuk sebuah situs arkeologi, dan yang lebih tidak biasa lagi adalah bahwa guci itu tertutup rapat dan berisi massa padat," lanjutnya.

Guci itu tersegel dengan sangat sempurna dengan jenis mineral karbonat yang disebut dolomit sebagai sumbat dan segel bitumen itu

nenjadi parfum yang membeku. Dan telah terawetkan dengan sangat baik.



Di samping guci ada tiga manik-manik kuning, disimpan dalam tas kain. Harta karun artefak berharga ini ditemukan di dalam guci kaca dengan jenazah wanita berusia 30 hingga 40 tahun yang telah dikremasi.

Temuan ini sekaligus mengungkap fakta bahwa orang Romawi sangat menyukai wewangian. Mereka menggunakannya bukan hanya untuk aktivitas sehari-hari tapi juga untuk acara khusus sepertipemakaman.
(dan)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More