NASA Deteksi Lubang Hitam Monster Berukuran 4,1 Juta Kali Matahari

Kamis, 22 Juni 2023 - 22:04 WIB
Kemudian, puing-itu puing membentuk cakram material panas yang berputar ke dalam perut lubang hitam. Kekuatan polarisasi menunjukkan bahwa sinar-X dipancarkan lebih dari 200 tahun yang lalu dalam sebuah peristiwa yang berlangsung kurang dari satu setengah tahun.

“Pekerjaan kami menyajikan potongan bukti yang hilang bahwa sinar-X dari awan molekul raksasa disebabkan oleh refleksi dari suar yang intens. Namun, kejadian itu berumur pendek yang dihasilkan di atau di dekatnya Sgr A*,” kata Marin dikutip SINDOnews dari laman Space, Kamis (22/6/2023).



Kecerahan gema sinar-X menunjukkan bahwa semburan ini meningkatkan luminositas sinar-X lubang hitam satu juta kali lipat dibandingkan dengan keadaan tidak aktifnya. Jumlah total energi yang dilepaskan diperkirakan antara 1039 – 1044 ergs.

Ini sebanding dengan jenis galaksi aktif yang disebut Seyfert, yang memiliki lubang hitam supermasif yang memakan materi dalam jumlah besar dalam jangka waktu yang lebih lama. Belum diketahui persisnya benda langit apa yang jatuh dekat dengan Sagitarius A* sehingga dicabik-cabik.
(wib)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More