Sutradara Titanic James Cameron Buka Suara Soal Tragedi Kapal Selam Titan

Jum'at, 23 Juni 2023 - 08:33 WIB
Bahkan upaya mereka langsung mengajak wisatawan untuk ikut menyelam dengan Titan untuk melihat Titanic sangat eksperimental dan berbahaya.

“Ini adalah tragedi yang sangat mirip di mana peringatan tidak diindahkan. Dan terjadi di tempat yang sama persis. Saya hanya berpikir itu mengherankan, itu benar-benar tidak nyata,” jelasnya.

Dia juga mengatakan sebenarnya eksplorasi bawah laut dengan menggunakan kapal dilakukan dengan sangat teliti, cermat, dan terukur.

Dia mencontohkan pengalamannya saat hendak membuat film Titanic yang diperani oleh Leonardo DiCaprio dan Kate Winslett dan kegiatan penyelaman di Palung Mariana.

Sebelum benar-benar menyelam dengan kapal selam, dia merasa perlu melakukan penelitian yang mendalam. Beberapa di antaranya menurut James Cameron adalah standar keamanan dan material yang digunakan untuk membuat kapal selam.

Bahkan untuk benar-benar yakin dia mengaku melakukan upaya simulasi melalui komputer yang terus-menerus dilakukan.

“Saat itu saya mendesain sebuah kapal selam yang bisa menyelam tiga kali lebih dalam dari lokasi reruntuhan Titanic berada dan saya mengerti ada banyak hal serius yang harus dipertimbangkan saat ingin melakukan observasi bawah laut," ujarnya.

Dia menerangkan sebenarnya teknologi pembuatan kapal selam untuk observasi bawah laut sudah sangat maju. Sudah banyak teknologi canggih dan standar keamanan yang bisa digunakan guna mencegah terjadinya kecelakaan.

Bahkan menurutnya setiap kapal selam observasi bawah laut harus mendapatkan sertifikasi dan melakukan protokol keamanan untuk bisa digunakan. "Keamanan adalah standar paling penting, tidak bisa ditawar-tawar lagi. Saat ini teknologinya sudah sangat matang," tegasnya.

Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More