Bintang Mati Ini Berukuran 75 Kali Lebih Besar dari Jupiter, Bersuhu 7.000 Derajat Celcius

Rabu, 16 Agustus 2023 - 11:36 WIB
Kondisi ini membuat sisi yang menghadap jauh dari katai putih lebih dingin dengan suhu permukaan mencapai maksimum 4.900 derajat Fahrenheit atau 2.700 derajat Celcius. Meskipun bisa mencapai suhu 4.500 derajat Fahrenheit atau 2.500 derajat Celcius, banyak katai coklat yang memiliki suhu permukaan hanya beberapa ratus derajat.

Di sisi lain, katai coklat juga terlalu besar untuk disebut planet. Katai coklat yang sangat panas yang dijelaskan dalam studi baru, berukuran sekitar 75 hingga 88 kali lebih besar dari Jupiter, planet terbesar di tata surya.



Penemuan ini menarik karena menjadi katai coklat terpanas yang pernah dilihat dan ukuran WD 0032-317B yang sangat besar dan jaraknya yang dekat dengan pendampingnya, katai putih. Dengan observatorium baru yang lebih kuat, seperti Teleskop Luar Angkasa James Webb, para ilmuwan berharap dapat mendeteksi bintang aneh ini lebih sering dan memiliki data terperinci.

“Pengamatan spektroskopi beresolusi tinggi di masa depan dengan Teleskop Luar Angkasa James Webb NASA yang baru diharapkan dapat mengungkapkan bagaimana panas terjadi. Ini dapat membantu kita memahami kondisi yang sangat terirradiasi di alam semesta,” kata Na'ama Hallakoun, Astrofisika di Weizmann Institute of Science dalam jurnal Nature Astronomy yang terbit 14 Agustus 2023.
(wib)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More