5 Wilayah di Dunia yang Rawan Hiu, Jangan Coba-Coba Berenang!

Kamis, 31 Agustus 2023 - 15:19 WIB
Wilayah di dunia yang rawan hiu harus diwaspadai karena sangat berbahaya. Foto: ist
JAKARTA - Setidaknya ada 5 wilayah rawan hiu di dunia yang harus diwaspadai ketika Anda berkunjung kesana. Meski serangan hiu jarang terjadi dan biasanya karena ketidakpahaman hiu terhadap manusia sebagai mangsa, beberapa wilayah di dunia dikenal sebagai tempat rawan serangan hiu.

Berikut adalah daftar tujuh wilayah yang perlu diwaspadai bagi para penyelam dan pecinta aktivitas di laut:

Wilayah di Dunia yang Rawan Hiu

1. Pantai Smyrna, Florida

Perairan lepas pantai Florida terkenal dengan aktivitas hiu, khususnya di sepanjang garis pantai timur. Florida menduduki peringkat tinggi dalam statistik serangan hiu global karena berkumpulnya berbagai spesies hiu dan populasi manusia yang tinggi.

Perairan yang hangat dan dangkal serta keberadaan ikan mangsa menarik hiu lebih dekat ke pantai. Berdasarkan International Shark Attack File (ISAF), telah terjadi lebih dari 300 serangan hiu tanpa alasan di Volusia County, tempat Pantai New Smyrna berada. Diperkirakan serangan ini biasanya terjadi karena kekeruhan air akibat limpasan hujan deras.



2. Pantai Gansbaai, Afrika Selatan

Afrika Selatan terkenal dengan industri penyelaman hiu, sehingga menarik wisatawan petualang yang ingin melihat hiu dari dekat, termasuk hiu putih besar yang menakutkan. Populasi anjing laut yang sehat dan perpaduan arus laut yang kompleks menjadikannya habitat ideal bagi predator ini.

Selain itu telah tercatat sekitar 394 serangan hiu yang tidak beralasan, termasuk 94 kematian, sejak 1940 an. Gansbaai memiliki konsentrasi hiu putih besar yang paling signifikan di wilayah yang begitu kecil.

3. Pantai Bondi, Australia

Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More