Bukan Cuma Bunglon, Ini 7 Hewan yang Bisa Mimikri

Selasa, 07 November 2023 - 20:12 WIB
Hewan-hewan memiliki kemampuan mimikri untuk bisa menipu pemangsa. Foto: ist
JAKARTA - Mimikri adalah kemampuan hewan yang menggunakan tubuh atau kulitnya agar menyerupai sesuatu. Hewan-hewan ini akan beradaptasi dengan lingkungannya, salah satunya dengan berganti warna.

Hewan yang memiliki kemampuan mengubah warna adalah salah satu kunci untuk bertahan hidup. Hewan-hewan ini akan berbaur dengan lingkungan alaminya untuk melindungi diri dari predator.

Berikut adalah daftar hewan yang mimikri:

1. Bunglon

Bunglon adalah salah satu hewan yang terkenal karena bisa mengubah warnanya. Terkadang, bunglon akan mengubah warnanya saat sedang marah ataupun takut. Warna yang dihasilkan tergantung pada lapisan sel khusus yang mendasari kulitnya. Kelembapan, cahaya, dan suhu juga menjadi salah satu faktor terhadap warna yang dihasilkan.

2. Flashing Tilefish



Flashing tilefish memiliki nama ilmiah hoplolatilus chlupatyi. Hewan yang hidup di air ini dapat mengubah warna kulitnya menjadi biru, kuning, jingga, dan juga ungu. Kehebatan hewan ini adalah dapat mengganti warnanya dengan sangat cepat, sehingga mendapatkan nama ‘flashing’.

3. Kuda Laut

Kuda laut merupakan hewan laut yang pandai dalam mengubah warnanya. Mereka akan mengubah warna kulitnya untuk berkamuflase, menakut-nakuti predator, dan untuk mencari pasangan. Kuda laut akan mengubah warnanya secara cepat ketika ia berada dalam situasi yang membuatnya takut, seperti adanya predator. Namun, kuda laut juga akan memperlambat perubahan warnanya ketika akan mencari pasangan.

4. Cumi-cumi

Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More