Gletser Antartika Barat Mencair Cepat, Lepaskan 2,16 Miliar Ton Es Ke Laut Setiap Tahun

Rabu, 29 November 2023 - 09:22 WIB


Menurut para ilmuwan, Gletser Cadman kini berada dalam kondisi ketidakseimbangan dinamis yang substansial, yang berarti masa depannya mengkhawatirkan. “Hasil penelitian kami menunjukkan tekanan air laut yang hangat menyebabkan ketidakseimbangan dinamis dan peningkatan pelepasan es dari gletser di Semenanjung Antartika,” katanya.

Gletser Cadman dan sistem Teluk Beascochea termasuk Gletser Funk dan Lever adalah kandidat kuat untuk studi lebih lanjut. Studi ini telah dipublikasikan di jurnal Nature Communications.

Menariknya, gletser lain yang berdekatan dengan Gletser Cadman, seperti Funk dan Lever. tetap relatif stabil, namun para ilmuwan mengetahu penyebabnya secara pasti. Kemungkinan terletak pada struktur batuan bawah laut yang disebut punggung bukit pada kedalaman sekitar 650 hingga 750 kaki di bawah air.

Punggungan ini kemungkinan besar bertindak sebagai penghalang, membelokkan saluran air hangat agar tidak mencapai gletser Funk dan Lever. Perairan laut yang lebih hangat secara bertahap telah menipiskan lapisan es gletser sejak awal tahun 2000-an akibat emisi dari aktivitas industri dan pemanasan global.
(wib)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More