9 Jenis Mamalia Karnivora, Keajaiban di Dunia Satwa Liar

Selasa, 19 Desember 2023 - 06:48 WIB
9 jenis mamalia karnivora memiliki keajaibannya sendiri, terlepas dari ukuran tubuh mereka adalah puncak rantai makanan. Foto: ist
JAKARTA - Mamalia karnivora adalah hewan yang penuh misteri. Sebagai predator yang mendominasi hutan hingga pemburu ulung padang savana, mamalia karnivora memikat kita dengan keahlian berburu serta adaptasi yang menakjubkan.

Namun, karnivora tidak harus berukuran besar untuk menangkap mangsanya. Seperti musang madu yang ukurannya tidak terlalu besar tetapi kian ganas serta memakan tikus hingga tupai.

Sebagian besar karnivora merupakan hewan yang tertutup, mereka kerap bepergian sendirian serta menjalani kehidupan menyendiri. Anggota ordo mamalia karnivora merupakan keturunan mamalia Paleosen akhir yang sukses dan kebiasaan makan primitifnya adalah karnivora.

Nama “Karnivora” terkadang diartikan bahwa semua anggota kelompok ini merupakan karnivora atau semua mamalia karnivora adalah anggota kelompok ini.

Hal tersebut tidak benar, anggota karnivora mempunyai kebiasaan makan beragam. Walaupun sebagian besar merupakan karnivora, serta karnivora tersebar luas pada mamalia, ditemukan di banyak ordo lain.



Berikut adalah sembilan jenis mamalia karnivora:

1. Singa (Panthera Leo)

Dikenal sebagai raja hutan, singa merupakan mamalia karnivora yang memikat serta mempesona. Habitat utama mereka adalah padang rumput Afrika serta beberapa wilayah di Asia. Dengan tubuh besar hingga cakar tajam, singa merupakan predator sosial yang hidup dalam kelompok sosial yang kuat, dikenal sebagai kawanan.

2. Harimau (Panthera Tigris)

Harimau, sang pemburu soliter, mendiami hutan tropis serta daerah rumput tinggi di Asia. Dengan corak belakang yang khas, harimau memiliki keahlian berburu yang menakjubkan. Sayangnya, sebagian besar jenis harimau saat ini terancam punah sebab hilangnya habitat alami serta perburuan ilegal.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More