SpaceX Uji Coba Roket Starship Raksasa, Siap Luncurkan 3 Megaroket Awal Tahun 2024

Senin, 01 Januari 2024 - 19:55 WIB


Uji terbang kedua, yang disebut Penerbangan 2, menunjukkan beberapa keberhasilan besar, termasuk pemisahan tahap yang berhasil dan pembakaran mesin tahap pertama yang normal. Namun, tahap atas Starship meledak sekitar delapan menit setelah lepas landas setelah mengalami peristiwa yang memicu sistem penghentian penerbangan otomatisnya.

Panggung pertama juga meledak tak lama setelah pemisahan panggung. Megaroket Starship dan Super Heavy SpaceX dirancang untuk dapat digunakan kembali sepenuhnya dan suatu hari nanti akan menerbangkan astronot ke bulan dan kembali.

NASA telah memanfaatkan Starship untuk mendaratkan astronot Artemis 3 di bulan dan SpaceX telah memesan penerbangan pribadi mengelilingi bulan dengan beberapa pelanggan. Saat disusun bertumpuk, Starship dan booster Super Heavy-nya memiliki tinggi hampir 122 meter dan merupakan roket terbesar yang pernah dibuat.

Pesawat ini juga dirancang untuk menjadi yang paling kuat, mampu mengangkut hingga 165 ton kargo ke orbit rendah Bumi. SpaceX berharap untuk segera meluncurkan uji Penerbangan 3 sistem Starship-nya, namun detail waktu pelaksanaan masih belum jelas.
(wib)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More