Banyak Warga Okinawa Berusia 100 Tahun Lebih, Ini Rahasianya

Jum'at, 12 Januari 2024 - 12:00 WIB
Okinawa adalah salah satu dari lima wilayah di dunia di mana penduduknya hidup lebih panjang dan sehat dibandingkan rata-rata global. (Foto: @dr.karanr)
JAKARTA - Pulau Okinawa di Jepang dikenal sebagai wilayah dengan jumlah penduduk berusia di atas 100 tahun ke atas terbanyak di dunia. Tak heran, tempat ini sampai dijuluki Tanah Abadi. Apa rahasianya?

Analisis sensus penduduk pada tahun 2020 mencatat Okinawa memiliki jumlah penduduk terbanyak berusia seratus tahun ke atas, dengan rata-rata harapan hidup 87,4 tahun untuk wanita dan 80,27 tahun untuk pria.

Raihan ini melampaui rata-rata harapan hidup 79,1 tahun untuk wanita dan 73,2 tahun untuk pria di Amerika Serikat serta 81,27 tahun untuk pria dan 84,58 tahun untuk wanita di Israel.

Dilansir dari JPost, Jumat (12/1/2024), Okinawa mencakup area sekitar 1.201,03 kmĀ² dan merupakan bagian dari kepulauan Okinawa, yang terdiri lebih dari 150 pulau kecil yang terletak di antara Jepang dan Taiwan.





Okinawa adalah salah satu dari lima wilayah di seluruh dunia di mana penduduknya menikmati hidup yang jauh lebih panjang dan sehat dibandingkan rata-rata global. Wilayah-wilayah ini, dikenal sebagai blue zones, yaitu pulau atau komunitas terisolasi yang ditandai oleh umur panjang yang luar biasa.

Selain Okinawa, blue zones lainnya termasuk pulau Yunani Ikaria, wilayah Ogliastra di Sardinia, Italia, Nicoya Peninsula di Kosta Rika, dan kota Loma Linda di California.

Tertarik dengan keunikan ini, petualang dunia dan YouTuber Drew Binsky baru-baru ini mencari tahu rahasia umur panjang penduduk pulau Okinawa. Hasilnya, sungguh bikin dia terkejut. "Saya datang ke sini untuk mengungkap mengapa orang hidup lebih lama dan sehat, dan apa yang saya temukan akan membuat Anda terkesima," ujar Drew Binsky di saluran YouTube-nya.

Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More