Arkeolog Temukan Mumi Bertopeng Emas

Selasa, 16 Januari 2024 - 19:00 WIB
Mumi bertopeng emas yang ditemukan di Mesir. (Foto: Greek Reporter)
JAKARTA - Para arkeolog dari Universitas Barcelona menemukan mumi bertopeng emas dari era Yunani kuno dan Romawi di wilayah arkeologi Al-Bahnasa, Mesir. Penemuan ini membuktikan tentang kekayaan sejarah wilayah tersebut.

Dr. Mustafa Waziri, Sekretaris Jenderal Dewan Tertinggi Benda Purbakala, dilansir dari Greek Reporter, Selasa (16/1/2024), menyatakan makam-makam tersebut ditemukan di sisi timur pemakaman atas. Model makam-makam ini unik lantaran lubangnya digali ke dalam batu alam di tanah. Ini merupakan jenis pemakaman baru di wilayah Al-Bahnasa.

Untuk pertama kalinya juga di wilayah Bahnasa ditemukan patung-patung terakota, menggambarkan dewi Isis-Aphrodite mengenakan karangan bunga di atas mahkota.



Kementerian Pariwisata dan Benda Purbakala Mesir menyebut penemuan ini menunjukkan bahwa wilayah Bahnasa masih menyimpan banyak rahasia dan metode pemakaman yang beragam dari periode sejarah berbeda.





Mumi dengan Topeng dan Lidah Emas



Dr. Adel Okasha, yang memimpin Departemen Purbakala di Mesir Tengah menyebutkan bahwa tim penggalian juga menemukan fragmen papirus dalam segel tanah liat. Selain itu, mereka menemukan banyak mumi yang dihiasi dengan pembungkus warna-warni, beberapa di antaranya dilengkapi dengan topeng pemakaman berwarna atau emas yang menutupi wajah.

Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More