Mengenal Ular Tinnin yang Memiliki 7 Kepala dan Berukuran Raksasa

Minggu, 11 Februari 2024 - 18:00 WIB
(HR. Baihaqi dalam kitab Itsbatu ‘Adzabil Qabri Hal. 62 Riwayat No. 68 oleh Imam Al-Baihaqi).

Dalam hadits lain disebutkan, dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah SAW bersabda:

“Barangsiapa yang meninggal dalam keadaan tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu pun, maka dia akan masuk surga. Dan barangsiapa yang meninggal dalam keadaan menyekutukan Allah dengan sesuatu pun, maka dia akan masuk neraka. Dan di antara mereka (penghuni neraka) ada yang disiksa dengan ular tinnin. Ular tinnin itu adalah ular yang besar, kepalanya seperti gunung.”

Sementara hadits riwayat Tirmidzi menyebut ular Tinnin memiliki tujuh kepala.

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، عَنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّهُ قَالَ: «الْمُؤْمِنُ فِي قَبْرِهِ فِي رَوْضَةٍ، وَيُرَحَّبُ لَهُ قَبْرُهُ سَبْعِينَ ذِرَاعًا، وَيُنَوَّرُ لَهُ كَالْقَمَرِ لَيْلَةَ الْبَدْرِ، أَتَرَوْنَ فِيمَا أُنْزِلَتْ هَذِهِ الْآيَةُ»: {فَإِنَّ لَهُ مَعِيشَةً ضَنْكًا، وَنَحْشُرُهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ أَعْمَى} [طه: 124]، قَالَ: «أَتَدْرُونَ مَا الْمَعِيشَةُ الضَّنْكُ؟»، قَالُوا: اللَّهُ وَرَسُولُهُ [ص:522] أَعْلَمُ، قَالَ: «عَذَابُ الْكَافِرِ فِي قَبْرِهِ، وَالَّذِي نَفْسِي بِيَدِهِ إِنَّهُ لَيُسَلَّطُ عَلَيْهِمْ تِسْعَةٌ وَتِسْعُونَ تِنِّينًا، أَتَدْرُونَ مَا التِّنِّينُ؟»، قَالَ: «تِسْعَةٌ وَتِسْعُونَ حَيَّةً لِكُلِّ حَيَّةٍ سَبْعَةُ رُءُوسٍ يَنْفُخُونَ فِي جِسْمِهِ وَيَلْسَعُونَهُ، وَيَخْدِشُونَهُ إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ» رواه أبو يعلى [حكم حسين سليم أسد] : إسناده حسن

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu Anhu berkata: Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda: “Orang mukmin di dalam kuburnya seperti raudhah (taman), dilapangkan kuburnya sejauh tujuh puluh hasta, disinari kuburnya seperti cahaya bulan purnama. Taukah kamu tentang apa ayat yang diturunkan ini..?!,

Para sahabat menjawab: “Allah dan Rasul-Nya yang lebih tahu”. Lalu nabi berkata: tentang azab kubur orang kafir di kuburnya, Demi jiwaku yang berada di Tangan-Nya, sesungguhnya orang kafir akan di sengat 99 TINNIN, apakah kamu tahu tentang TINNIN..?!!, (Ternyata Para Sahabat Juga Tidak Tahu).



Lalu Nabi melanjutkan sabdanya: “itu adalah 99 Ular, setiap 1 ular memiliki 7 kepala, semua kepala meniup-niup pada orang kafir itu yang di kubur itu, lalu menyengatnya, dan merobek-robeknya sampai hari kiamat.” (Hadits Hasan, HR Ibnu Hibban, Abu Ya’la, dll. Di Shahihkan oleh Al-Baihaqi, dihasankan oleh Al-Arna’ut, Husain Sulaim Asad, dll.)

Aisyah Radhiyallahu Anha berkata
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More