Mengenal UY Scuti, Bintang Terbesar di Alam Semesta

Jum'at, 16 Februari 2024 - 14:09 WIB
Ukuran UY Scuti sangat menakjubkan, nyaris 1.700 kali matahari. (Foto: Wikisky)
JAKARTA - Apakah matahari bintang terbesar di alam semesta? Jawabannya tidak. Gelar bintang terbesar di alam semesta dipegang oleh UY Scuti. Ukurannya sangat menakjubkan, nyaris 1.700 kali matahari.

Dalam pandangan sains, matahari diklasifikasikan sebagai bintang rata-rata berukuran sedang, tidak terlalu besar maupun terlalu kecil dibandingkan dengan bintang-bintang kolosal yang tersebar di seluruh kosmos.

UY Scuti memegang gelar bergengsi sebagai bintang terbesar yang diketahui, sebuah bintang raksasa merah yang melampaui bahkan bintang-bintang paling terang di langit malam kita. Jika UY Scuti ditempatkan di pusat tata surya kita, ia akan menelan orbit Merkurius, Venus, Bumi, Mars, dan mungkin bahkan Jupiter.

Dilansir dari How Stuff Works, Jumat (16/2/2024), kekuatan UY Scuti yang luar biasa menempatkannya dalam liga tersendiri, jauh melampaui bintang-bintang terkenal lainnya seperti Alpha Orionis atau Betelgeuse, dalam hal ukuran.

Luasnya UY Scuti yang luar biasa tidak hanya menantang pemahaman tentang evolusi bintang tetapi juga memikat imajinasi, menawarkan perspektif tajam tentang besarnya alam semesta dan tempat kita di dalamnya.

UY Scuti ditemukan oleh para astronom di Observatorium Bonn di Jerman pada tahun 1860. Terletak di konstelasi Scutum, identifikasi awal bintang ini tidak langsung mengungkapkan ukurannya yang luar biasa. Barulah dengan pengamatan berikutnya dan kemajuan dalam teknik astrofisika skala sebenarnya dari UY Scuti mulai terungkap.

Terobosan dalam pemahaman dimensi UY Scuti yang sangat besar datang jauh lebih lambat, dengan munculnya instrumen astronomi yang lebih canggih dan metode-metode. Dengan menganalisis cahaya dan gerakan bintang ini melalui ruang angkasa, para astronom dapat menyimpulkan ukurannya, mengklasifikasikannya sebagai supergiant merah, dan akhirnya mengakui bintang ini sebagai bintang terbesar dalam hal ukuran fisiknya.

Bintang-bintang raksasa lainnya