Alasan Platform Kitabisa Bikin Program Khusus untuk Orangutan di Kalimantan Barat

Kamis, 04 April 2024 - 23:05 WIB
Harpa, program konservasi dari Kitabisa, memiliki misi untuk melestarikan satwa langka di Indonesia. Foto: Kitabisa
KALIMANTAN BARAT - Kitabisa dikenal sebagai salah satu aplikasi penggalangan dana online terbesar di Indonesia. Terbaru, mereka fokus untuk membuat program konservasi bagi orangutan di Kalimantan. Apa sebabnya?

VP of Business, People and Operations Kitabisa Edo Irfandi menyebut bahwa orangutan yang kehilangan habitatnya sebagai krisis yang mendesak.

“Orangutan kini menghadapi ancaman kepunahan karena kehilangan habitat secara dramatis, pembunuhan ilegal, dan kebakaran hutan,” ungkap Edo.

Krisis ini juga dihadapi oleh Indonesia dimana dari 1999 hingga 2015 saja, Kalimantan telah kehilangan sekitar 148.500 individu orangutan.

“Lebih mengkhawatirkan lagi, diperkirakan 45.300 individu lainnya akan hilang pada tahun 2050 jika laju kerusakan habitat saat ini berlanjut,” bebernya.



Bikin Rumah untuk Orangutan

Dalam menghadapi krisis kehilangan habitat yang semakin mendesak, Harpa (Harapan Alam) program konservasi dari Kitabisa berkolaborasi dengan Sintang Orangutan Center (SOC), mengumumkan inisiatif “Rumah Untuk Orangutan”.

Program yang berlangsung di Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat ini dirancang untuk mengatasi tantangan yang dihadapi orangutan dan habitatnya melalui pendidikan dan reboisasi.

Harpa juga akan memberikan dukungan lebih luas, termasuk bantuan pakan dan obat-obatan serta peningkatan infrastruktur kandang di tempat rehabilitasi orangutan SOC, sebagai bagian dari komitmen menyeluruh terhadap kesejahteraan orangutan.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More