Pembangkit Listrik Tenaga Surya Terbesar di Dunia Siap Menerangi 3 Juta Rumah dan Mengirim Energi ke Singapura

Sabtu, 24 Agustus 2024 - 08:34 WIB
Proyek Australia-Asia Power Link menandai langkah signifikan dalam transisi Australia menuju masa depan energi terbarukan. Foto: ist
AUSTRALIA - Australia-Asia Power Link bisa menghasilkan empat gigawatt per jam untuk penggunaan domestik, dengan kelebihan daya dikirim ke Singapura.

Australia tidak mau kalah untuk bisa menjadi pemimpin energi terbarukan. Terbaru, pemerintah Australia telah menyetujui proyek industri tenaga surya besar-besaran di Northern Territory.

Proyek tenaga surya industri ini, disebut-sebut sebagai "kawasan surya terbesar di dunia", akan menghasilkan energi yang cukup untuk memberi daya pada 3 juta rumah.



Proyek Megah untuk Energi Hijau

Menurut Menteri Lingkungan Australia Tanya Plibersek, proyek ini akan menampilkan panel surya, baterai, dan pada akhirnya, kabel yang menghubungkan Australia ke Singapura, dengan tujuan mengekspor kelebihan energi.

"Proyek besar ini adalah infrastruktur yang menentukan generasi. Ini akan menjadi kawasan surya terbesar di dunia - dan menandai Australia sebagai pemimpin dunia dalam energi hijau," kata Plibersek, dalam sebuah pernyataan.

Pembangkit Listrik Tenaga Surya Powell Creek

Proyek ini akan menangkap listrik dari kompleks energi terbarukan besar di Powell Creek, Northern Territory, dan mengirimkannya sejauh 3.168 mil ke Singapura.

Proyek Australia-Asia Power Link seluas 12.000 hektar (29.650 acre), yang terletak di Northern Territory Australia yang bermandikan sinar matahari, akan dipasang oleh perusahaan energi terbarukan SunCable. Jutawan teknologi dan aktivis lingkungan Mike Cannon-Brookes adalah pendukung proyek ini.

Manfaat Ekonomi dan Penciptaan Lapangan Kerja

Menurut SunCable, proyek ini akan memberikan manfaat ekonomi bagi Northern Territory lebih dari USD20 miliar dan menciptakan rata-rata 6.800 lapangan kerja langsung dan tidak langsung setiap tahun selama periode pembangunan, dengan puncak tenaga kerja mencapai 14.300 orang. Angka tersebut dihitung berdasarkan periode konstruksi dan 35 tahun pertama operasi.

Perlindungan Lingkungan

Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More