Ilmuwan Temukan Gunung Berapi Muntahkan Emas di Antartika

Senin, 30 September 2024 - 14:00 WIB
Gunung Erebus tertutup es dan salju, tetapi bagian dalamnya berisi danau lava cair yang sangat panas. Foto/Ladbible
JAKARTA - Para ilmuwan menemukan gunung berapi unik yang melontarkan debu emas di Antartika. Gunung Erebus ini sejatinya telah ditemukan pada tahun 1841 oleh Kapten Sir James Clark Ross, namun fenomena uniknya baru diketahui baru-baru ini.

Dilansir dari Ladbible, Senin (30/9/2024) gunung Erebus tertutup es dan salju, tetapi bagian dalamnya berisi danau lava cair yang sangat panas yang telah memuntahkan berbagai hal selama lebih dari 50 tahun.

Conor Bacon dari Lamont-Doherty Earth Observatory, Columbia University, mengatakan kejadian ini terbilang sangat langka. "Ini sebenarnya cukup langka, karena membutuhkan beberapa kondisi yang sangat spesifik untuk dipenuhi untuk memastikan permukaan tidak pernah membeku," katanya.





Para ahli juga telah menemukan selama episode aktivitas vulkanik sebelumnya bahwa Erebus telah memuntahkan bom vulkanik, yang merupakan batu besar dari batu yang sebagian meleleh.



Berdiri di ketinggian 3.794 meter, Gunung Erebus secara teratur mengeluarkan gas dan uap, yang sarat dengan kristal emas logam kecil yang hanya berukuran 20 mikrometer, yaitu 0,02 milimeter. Mungkin jumlahnya sedikit setiap kali, tetapi melalui satu hari, ia mengeluarkan sekitar 80 gram butiran emas, yang diperkirakan bernilai total USD6.000 atau Rp92 juta.



Debu emas ini dibawa oleh gas, yang suhunya 1000 °C, ke permukaan, mengkristal pada permukaan kerak lava karena lingkungannya. Partikel emas disinyalir bergerak melalui udara, karena debu emas telah terdeteksi sejauh 621 mil dari gunung berapi.



Philip Kyle dari New Mexico Institute of Mining and Technology mengungkapkan pembentukan emas hanya berkat sifat gunung berapi yang tenang dibandingkan dengan gunung berapi aktif lainnya.

Gunung Erebus mengeluarkan gas secara perlahan, sehingga partikel emas memiliki waktu untuk perlahan-lahan membentuk kristal, bukannya letusan yang tidak menentu. Pada gunung berapi dengan jenis letusan ini, hal itu akan mustahil terjadi.
(msf)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More